Kompas.com - 20/07/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Belakangan ini, informasi mengenai apa itu operasi bariatrik banyak dicari orang.

Banyak orang yang penasaran mengenai operasi bariatrik setelah penyanyi Melly Goeslow mengumumkan bahwa dirinya telah menjalani operasi tersebut.

Operasi bariatrik adalah prosedur bedah yang membantu penurunan berat badan dengan membuat perubahan pada sistem pencernaan.

Istilah "operasi bariatrik" dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai prosedur, seperti bypass lambung dan operasi penurunan berat badan lainnya.

Baca juga: Apakah Retinol Bisa Dipakai Setiap Hari? Simak Panduannya bagi Pemula…

Jenis-jenis operasi bariatrik

Operasi bariatrik bekerja dengan cara yang berbeda, baik dengan membatasi jumlah makanan yang dapat ditampung perut, mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, atau kombinasi keduanya.

Jenis operasi bariatrik yang paling umum termasuk bypass lambung, gastrektomi lengan, pita lambung yang dapat disesuaikan, dan sakelar duodenum. Berikut infiormasi lengkap mengenai jenis-jenis operasi bariatrik:

1. Bypass lambung

Operasi bypass lambung adalah salah satu jenis operasi bariatrik yang paling umum.
Sederhananya, ada dua bagian prosedur. Pertama, sebuah kantong kecil dibuat di bagian atas perut, memisahkannya dari bagian perut lainnya.

Kemudian bagian pertama dari usus kecil dibagi, dan ujung bawah usus kecil terhubung ke kantong kecil yang baru dibuat di perut.

Setelah itu, bagian atas dari usus kecil yang terbagi terhubung ke bagian bawah usus kecil, yang mengubah aliran makanan dan menghasilkan perubahan hormon usus.

Prosedur ini membatasi jumlah makanan yang dapat ditampung lambung, serta membatasi penyerapan kalori dan nutrisi.

Halaman:
Sumber WebMD

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.