Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Imunisasi Dasar Lengkap bagi Anak dan Dewasa

Kompas.com - 17/05/2024, 09:00 WIB
Rini Agustin,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Imunisasi dasar lengkap menjadi upaya penting dalam menciptakan kekebalan tubuh anak. Sebab, anak yang tidak mendapat imunisasi wajib rentan tertular penyakit berbahaya karena tidak adanya kekebalan terhadap penyakit tersebut.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sejak 2018-2023 secara akumulatif jumlah anak yang tidak mendapatkan vaksinasi sama sekali mencapai 1,8 juta anak. Hal ini membuat upaya kekebalan komunitas menjadi rendah.

“Kita perlu lengkapi vaksinnya dan bila belum lengkap maka perlu membawa anak bisa ke posyandu, puskesmas, dan rumah sakit," ujar Ketua Satgas Imunisasi IDAI, Prof. Dr.Hartono Gunardi, Sp.A(K) pada konferensi pers di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Imunisasi dasar lengkap harus diberikan sejak bayi usia 0-11 bulan, kemudian dilanjutkan hingga imunisasi anak sekolah.

“Imunisasi rutin mengikuti program pemerintah yaitu imunisasi dasar di bawah satu tahun, kemudian imunisasi lanjutan untuk usia satu sampai dua tahun, dilanjutkan lagi pada imunisasi anak sekolah mulai kelas 1 sampai kelas 6 SD,” ujar Prof.Hartono.

Baca juga: Anak Tumbuh Sehat dengan Imunisasi Dasar dan Lengkap

Sesuai usia

Pemberian imunisasi disesuaikan dengan usia anak. Untuk imunisasi dasar lengkap, bayi berusia kurang dari 24 jam diberikan imunisasi Hepatitis B (HB-0), usia satu bulan diberikan BCG dan Polio 1, dan usia dua bulan diberikan PCV 1, Rotavirus 1, Polio 2, dan Hepatitis B 2.

Di usia tiga bulan dapat diberikan pentavalen, vaksin pencegah infeksi bakteri pneumokokus (PCV), dan OPV dengan rotavirus.

Vaksin Pentavalen sendiri merupakan vaksin kombinasi DTP-HB-Hib yang membantu pencegahan lima macam penyakit sekaligus, yaitu difteri, tetanus, batuk rejan, hepatitis B, dan Haemophilus influenzae tipe B (Hib).

Panduan vaksin dasar dan lengkap untuk anak dapat dilihat pada Kartu Menuju Sehat atau buku catatan kesehatan anak, serta melalui aplikasi.

Tidak hanya vaksin untuk anak, Penasihat Satgas Imunisasi Dewasa PB PAPDI, Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, menyatakan bahwa terdapat tiga vaksin yang sangat penting untuk diberikan kepada lanjut usia (lansia).

"Ada beberapa vaksin yang perlu dilanjutkan (vaksinnya), yaitu influenza, pneumonia, dan vaksin cacar api atau herpes zoster yang penting diberikan untuk lansia,” ujarnya dalam acara yang sama.

Adapun vaksin Herpes Zoster merupakan jenis vaksin yang baru masuk ke dalam program pemerintah. Vaksin ini dapat diberikan mulai usia 18 tahun jika sistem kekebalan tubuh seseorang rendah, tetapi umumnya disarankan untuk lansia. Vaksin-vaksin ini menjadi penting karena faktor risiko penyakit semakin tinggi seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Papdi Tambahkan Vaksin PCV 15 sebagai Rekomendasi Vaksin Dewasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com