Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Latihan Kebugaran yang Bakal Tren di 2023

Kompas.com - 15/01/2023, 13:29 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Tahun baru mendatangkan berbagai kesempatan dan juga tren baru, termasuk dalam dunia kebugaran. Tren-tren terbaru ini bisa kita adopsi untuk mendapatkan cara baru berolahraga sehingga kita tetap termotivasi untuk menjalani gaya hidup sehat.

Untuk mencapai tujuan kesehatan, kita bisa menetapkan langkah sederhana, seperti berolahraga setiap hari atau mulai mengurangi gula, yang dilakukan secara konsisten.

"Tujuan kebugaran tidak perlu ambisius seperti memenangkan triathlon. Melakukan perubahan dalam cara berolahraga setiap hari menunjukkan kita sudah berada di jalur yang tepat untuk meraih tujuan kesehatan," kata Vice President of Worlwide Sport Performance and Fitness, Herbalife Nutrition, Samantha Clayton, dalam keterangan pers.

Clayton menyebutkan ada beberapa jenis latihan kebugaran terbaru yang bisa kita lakukan di rumah setiap hari atau pun sebagai variasi latihan. Dijamin, kita tak gampang bosan.

Baca juga: Wanita Wajib Tahu, Ini 4 Jenis Olahraga yang Tak Bisa Bikin Langsing

Berjalan dan berlari
Aktivitas fisik seperti berjalan dan berlari merupakan latihan kebugaran yang menurut Clayton akan menjadi tren di tahun 2023. Latihan ini gratis, efektif, dan bisa dilakukan di mana pun.

"Sederhananya, ini bisa menjadi strategi cepat untuk memulai tren perjalanan kebugaran," katanya.

Meski sering dianggap olahraga "ringan" namun berjalan dan berlari memainkan peran kunci dalam menjaga mobilitas dan kemandirian fisik, terutama bagi orang lanjut usia. Sebagai bonus, jika aktivitas ini dilakukan di luar ruangan, kita akan terpapar sinar matahari yang meningkatkan penyerapan kalsium.

Baca juga: 7 Latihan Senam Wajah untuk Menghilangkan Double Chin

Senam aerobik
Berolahraga dengan iringan musik memang tak pernah kehilangan penggemar. Senam aerobik termasuk dalam latihan kardio low impact berintensitas tinggi, yang telah terbukti dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan kelincahan.

Olahraga ini melibatkan gerakan berulang dan berirama serta menggunakan kelompok otot besar tubuh, seperti glutes, kaki, bahu, dan lengan.

Mind-Body Fitness
Jenis olahraga yang melibatkan tubuh dan pikiran, seperti yoga, merupakan latihan holistik yang akan melatih otot-otot tubuh, sekaligus bisa mengurangi stres.

"Kebugaran pikiran-tubuh merupakan bagian integral untuk mendorong tubuh kita beradaptasi dan menjadi lebih kuat dan lebih efisien. Sebagian besar ini termasuk pemulihan," kata Clayton.

Peregangan betisMens Journal Peregangan betis

Teknologi kebugaran
Industri peralatan kebugaran rumah telah melakukan banyak inovasi dalam beberapa tahun terakhir. Kebugaran VR (virtual reality) diprediksi akan semakin berkembang dan membantu orang lebih banyak bergerak di tahun 2023.

Baca juga: Yuk, Rutin Zumba untuk Jaga Kesehatan Jantung

Fitness fusion
Clayton menyebutkan, di tahun yang baru ini, diperkirakan akan lebih banyak latihan berintensitas tinggi, berdurasi pendek, digabungkan dengan gerakan peregangan yang sesuai.

"Olahraga hybrid dan kelas fitness fusion ini merupakan latihan yang menggabungkan dua atau lebih jenis olahraga sehingga menghasilkan konsep olahraga yang lebih powerfull dan menyediakan gerak tubuh yang lebih menyeluruh dalam durasi waktu yang singkat, namun menghasilkan hasil yang besar," paparnya.

Memadukan sejumlah jenis gerak olahraga bukan cuma melatih otot dengan cara yang baru, tapi juga menawarkan pendekatan olahraga yang lebih segar.

Kelas kebugaran
Penelitian menujukkan, berolahraga bersama teman akan membuat kita lebih termotivasi dan memiliki efek yang menenangkan, dibanding ketika dilakukan sendiri. Tak heran jika kelas kebugaran tatap muka selalu diminati.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com