Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

5 Tip Menjaga Kesehatan Gigi, Cari yang Perawatannya Mudah dan Terjangkau

Kompas.com - 04/04/2023, 15:19 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Cara terbaik untuk melindungi kesehatan mulut adalah dengan menerapkan kebiasaan dasar, seperti menyikat gigi dua kali sehari dan mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Hal tersebut perlu dilakukan karena gigi ditutupi lapisan luar yang keras atau disebut enamel. Setiap hari, lapisan tersebut berisiko dihinggapi bakteri berbentuk plak. Jika menumpuk, bakteri yang mampu menghasilkan asam dapat merusak enamel dan menyebabkan gigi berlubang.

Untuk mendapatkan gigi yang sehat, siapa pun wajib menjaga kebersihan mulut. Selain menyikat gigi dua kali sehari, Anda perlu melakukan kebiasaan baik lainnya untuk menghilangkan plak dan terhindar dari gigi berlubang dan penyakit mulut lainnya. Misalnya, dengan mengunjungi klinik gigi keluarga.

Agar lebih jelas, berikut lima tip kebiasaan baik berkaitan dengan perawatan gigi mudah dan terjangkau yang diberikan Axel Dental.

1. Hindari makanan dan minuman manis

Apakah Anda pernah merasa permukaan gigi kasar? Jika demikian, kemungkinan ada plak atau karang gigi pada gigi Anda.

Perlu diketahui, plak dapat terbentuk karena gula atau makanan yang manis-manis. Plak yang menebal kemudian menghasilkan asam yang menjadi penyebab gigi berlubang.

Tak hanya makanan, plak dapat terbentuk saat Anda sering meminum minuman manis, seperti minuman kaleng.

Untuk diketahui, minuman kaleng sering kali mengandung lebih banyak gula. Membatasi makanan dan minuman manis akan memudahkan Anda terhindar dari masalah kesehatan mulut.

2. Sikat gigi dengan bahan fluoride

The American Dental Association merekomendasikan aktivitas sikat gigi dilakukan sebanyak dua kali dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Sebagai informasi, fluoride adalah mineral alami yang sejak lama dipakai manusia untuk merawat kesehatan mulutnya.

Pastikan, aktivitas sikat gigi dilakukan selama 2 menit sehingga Anda memiliki cukup waktu untuk membersihkan semua gigi.

Takaran fluoride yang dipakai dapat Anda sesuaikan. Jika berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan gigi, artinya Anda membutuhkan lebih banyak fluoride.

3. Scaling gigi secara rutin

Plak yang menumpuk pada permukaan gigi lambat laun membentuk karang gigi. Nah, jika sudah terbentuk, karang gigi akan sulit dibersihkan secara manual menggunakan sikat gigi.

Untuk itu, Anda membutuhkan alat khusus, seperti ultrasonic scaler agar pembersihannya sempurna. Sayangnya, alat ini hanya ada pada klinik gigi dan digunakan oleh dokter ahli.

Anda bisa mendapatkan layanan pembersihan karang gigi atau scaling di Axel Dental. Adapun durasi waktu tindakan oleh dokter gigi juga beragam, yakni 30 menit atau 2 jam, tergantung ketebalan karang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com