Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2023, 07:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Milia adalah masalah kulit yang kerap dianggap mengganggu penampilan karena memicu bruntusan kecil-kecil di bawah permukaan kulit.

Masalah kulit yang dikenal bintik susu ini cukup lazim. Lantas, apakah milia bisa hilang sendiri? Sebelum menyimak jawabannya, kenali dulu apa itu milia.

Baca juga: Kerap Ganggu Penampilan dan Mirip Jerawat, Apa Itu Milia?

Apa itu Milia dan Apa Penyebabnya?

Dilansir dari ClevelandClinic, milia adalah kista kecil-kecil yang tumbuh di bawah permukaan kulit.

Milia paling sering tumbuh di wajah. Tapi, tidak menutup kemungkinan kista mirip bruntusan ini muncul di bagian tubuh lain seperti lengan, kaki, atau dada.

Benjolan putih di wajah ini kerap dianggap sama dengan komedo putih atau jerawat. Namun, keduanya berbeda meskipun tampilannya sama-sama berupa bruntusan.

Milia paling sering dialami bayi yang baru lahir. Tapi, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalami milia.

Milia disebabkan sel kulit mati yang menumpuk dan membentuk kista di bawah permukaan kulit. Tubuh secara alami bisa menghilangkan sel kulit mati ini agar bisa digantikan sel baru.

Ketika sel kulit mati tidak bisa lepas dari tubuh, sel kulit yang baru tumbuh membuat sel kulit lama menumpuk di bagian bawahnya. Sel kulit mati tersebut lantas mengeras dan berubah menjadi kista.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Milia dengan Cepat dan Tepat

Apakah Milia Bisa Hilang Sendiri?

Jangan khawatir berlebihan, milia bisa hilang sendiri. Milia juga tidak berbahaya, sehingga tidak memerlukan perawatan khusus.

Tapi ingat, milia tidak boleh dipencet karena bisa menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas luka di kulit.

Berapa Lama Milia Sembuh?

Proses sembuh atau hilangnya milia bervariasi. Milia pada bayi bisa sembuh sendiri setelah beberapa minggu buah hati lahir.

Sedangkan milia pada orang dewasa bisa sembuh sendiri setelah beberapa minggu atau bulan.

Baca juga: Milia pada Bayi: Penyebab dan Cara Menghilangkan

Bagaimana Cara Menghilangkan Milia?

Jika Anda tidak sabar milia hilang sendiri, dokter bisa membantu mempercepat proses mengatasi masalah kulit ini.

Dilansir dari WebMD, berikut cara menghilangkan milia secara alami maupun dengan tindakan medis:

  • Gunakan skincare yang dijual bebas seperti krim retinol, salicylic acid, atau alpha hydroxy acid (AHA) yang bisa mengangkat sel kulit mati, termasuk milia
  • Untuk bayi, bersihkan kulit yang banyak milianya dengan air hangat dan sabun bayi setiap hari. Jangan lupa keringkan kulit sampai tuntas
  • Jika cara menghilangkan milia ala rumahan di atas tidak mempan, Anda butuh bantuan dokter untuk perawatan laser untuk menghilangkan milia

Setelah menyimak apakah milia bisa hilang sendiri dan cara menghilangkannya di atas, Anda tak perlu khawatir berlebihan lagi dengan masalah kulit ini. Tapi ingat, Anda perlu berkonsultasi ke dokter jika milia memburuk atau tak segera hilang dalam hitungan bulan.

Baca juga: Kenali Penyebab Milia dan Jenisnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com