Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Penyakit Ginjal Bisa Sembuh? Simak Penjelasan Ahli Berikut…

Kompas.com - 07/04/2023, 09:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Ketika mendapatkan diagnosis penyakit ginjal, salah satu kekhawatiran terbesar adalah, apakah penyakit ginjal bisa sembuh?

Seperti diketahui, penyakit ginjal adalah salah satu momok kesehatan karena terkadang pengobatannya membutuhkan cuci darah seumur hidup.

Untuk mengenal lebih dalam penyakit ini, simak penjelasan ahli lewat artikel berikut ini.

Baca juga: 13 Tanda-tanda Penyakit Ginjal

Apakah Penyakit Ginjal Bisa Sembuh?

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal hipertensi Dr. dr. Zulkhair Ali, Sp.PD-KGH, FINASIM menjelaskan, penyakit ginjal bisa sembuh atau tidak tergantung jenis dan tingkat keparahannya.

Penyakit ginjal akut, gejalanya terlihat berat tapi bisa sembuh sempurna. Sedangkan penyakit ginjal kronik itu tidak ada gejala, tapi ketika sudah berat, akhirnya harus cuci darah, dan tidak bisa sembuh kembali,” jelas dia, dilansir SehatNegeriku (17/3/2022).

Lebih lanjut Zulkhair menyampaikan, jenis penyakit ginjal yang sering menyerang adalah batu ginjal, infeksi ginjal, radang ginjal, penyakit ginjal karena diabetes, hipertensi, lupus, dan polikistik.

Penyakit tersebut dapat menurunkan fungsi ginjal. Seperti diketahui, fungsi ginjal utamanya untuk membuang sisa metabolisme dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Penyakit yang menyerang ginjal di atas lambat laun bisa menurunkan fungsi ginjal dan jadi faktor penyebab penyakit penyakit ginjal kronik maupun akut.

Meskipun penyakit ginjal kronik tidak bisa disembuhkan, Zulkhair mengatakan penyakit ini tetap perlu diobati.

“Pengobatan tujuannya untuk menghambat atau memperlambat penyakit ginjal semakin parah serta mengelola penyakit penyerta (penyebab penyakit ginjal),” jelas dia.

Baca juga: 10 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Akhir yang Pantang Disepelekan

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Ginjal?

Disarikan dari TempleHealth dan ClevelandClinic, ada beberapa cara mengobati penyakit ginjal yang biasanya direkomendasikan:

  • Kelola kadar gula darah tetap normal jika Anda mengidap diabetes. Konsultasikan ke dokter agar diabetes tetap terkontrol
  • Jika mengidap tekanan darah tinggi, kontrol tekanan darah dengan rutin minum obat sesuai anjuran dokter
  • Hindari sembarangan minum obat atau suplemen tanpa petunjuk dokter karena dapat membuat kerja ginjal semakin berat
  • Perhatikan pola makan dan jalankan anjuran ahli gizi. Penderita penyakit ginjal umumnya tidak boleh makan asupan tinggi protein, kolesterol, sodium, dan kalium
  • Setop merokok dan sebisa mungkin hindari paparan asap rokok. Paparan asap rokok bisa meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung pada penderita penyakit jantung
  • Atasi anemia atau kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Untuk diketahui, ketika fungsi ginjal terganggu, produksi hormon yang merangsang tulang untuk menghasilkan sel darah merah turut terganggu
  • Jaga kebugaran dengan rutin olahraga
  • Kontrol berat badan agar tetap ideal
  • Untuk kondisi gagal ginjal, penderita penyakit ginjal perlu menjalani gagal ginjal atau transplantasi ginjal

Setelah menyimak apakah penyakit ginjal bisa sembuh dan cara mengobatinya di atas, diskusikan dengan dokter yang menangani jika Anda mengalami penyakit ini.

Baca juga: 5 Stadium Penyakit Ginjal yang Perlu Diketahui

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com