Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Hidrogen Peroksida Bisa Memutihkan Gigi?

Kompas.com - 06/05/2023, 15:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Hidrogen peroksida adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi yang kuning. Namun, apakah hidrogen peroksida bisa memutihkan gigi?

Meskipun sudah terbukti bisa memutihkan gigi dan digunakan di dalam beberapa produk, kandungan yang tinggi bisa merusak gigi, termasuk enamel atau lapisan terluar gigi.

Untuk itu, ketahui efek memutihkan gigi menggunakan hidrogen peroksida dan cara untuk menggunakannya berikut ini.

Baca juga: Apakah Aman Memutihkan Gigi dengan Baking Soda?

Apakah hidrogen peroksida bisa memutihkan gigi?

Menurut Healthline, menggunakan larutan hidrogen peroksida dengan kandungan setidaknya 3 persen bisa membantu dalam memutihkan gigi.

Melarutkan hidrogen peroksida dengan kandungan 5 persen akan memberikan hasil yang sama dengan 25 persen larutan hidrogen peroksida.

Namun untuk bisa memberikan hasil yang sama, 5 persen larutan hidrogen peroksida perlu digunakan 12 kali lipat lebih sering daripada larutan 25 persen.

Selain itu, melarutkan hidrogen peroksida dengan air lebih disarankan karena bisa mengurangi konsentrasinya sehingga lebih aman untuk gigi.

Menurut beberapa penelitian, hidrogen peroksida dengan kandungan yang lebih tinggi justru akan merusak gigi, termasuk lapisan enamel. Mengunakan hidrogen peroksida dalam jangka waktu yang lama juga akan berbahaya.

Baca juga: Apakah Berkumur dengan Air Garam Bisa Memutihkan Gigi?

Cara menggunakan hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi

Dilansir dari Medical News Today, ada dua cara menggunakan hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi, yakni:

  • Menjadikannya obat kumur

Untuk membuat obat kumur dari hidrogen peroksida, Anda hanya perlu mencampurkan 30 mL hidrogen peroksida yang memiliki kandungan 3 persen dengan 30 mL air di dalam wadah kecil.

Gunakan larutan tersebut untuk berkumur setiap hari selama 2-4 menit sebelum memuntahkannya.

  • Menjadikannya pasta gigi

Untuk membuat pasta gigi, Anda perlu mencampurkan satu sendok teh hidrogen peroksida dengan baking soda. Gunakan pasta gigi dari baking soda tersebut untuk menyikat gigi.

Biarkan pasta tersebut di gigi selama beberapa menit sebelum berkumur dengan air.

Selain menggunakan dua cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan produk perawatan gigi yang mengandung hidrogen peroksida.

Gigi yang tidak terlalu kuning biasanya bisa kembali putih hanya dengan menggunakan obat kumur dari hidrogen peroksida.

Penggunaannya perlu sangat hati-hati karena bisa menyebabkan efek samping tertentu, termasuk gigi atau gusi yang sensitif hingga terjadi iritasi.

Dengan mengetahui apakah hidrogen peroksida bisa memutihkan gigi atau tidak, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya.

Namun, Anda perlu segera menghentikan penggunaannya ketika muncul gejala iritasi dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lain yang lebih aman dan efektif untuk memutihkan gigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com