Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Berkumur dengan Air Garam Bisa Memutihkan Gigi?

Kompas.com - 30/04/2023, 13:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Ada berbagai cara memutihkan gigi yang kuning yang bisa dicoba, termasuk berkumur menggunakan air garam. Namun, apakah berkumur dengan air garam bisa memutihkan gigi?

Ternyata, berkumur dengan air garam belum terbukti secara ilmiah bisa memutihkan gigi kuning.

Bahkan, ada beberapa efek samping yang akan dialami, termasuk menipiskan enamel gigi. Untuk itu, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 8 Makanan yang Membuat Gigi Kuning dan Cara Memutihkannya

Apakah berkumur dengan air garam bisa memutihkan gigi?

Berkumur dengan air garam belum terbukti secara ilmiah bisa memutihkan gigi yang kuning.

Bahkan menurut Healthline, berkumur dengan air garam bisa menyebabkan iritasi pada gusi dan memicu pendarahan sehingga tidak dianjurkan untuk dilakukan dengan frekuensi yang terlalu sering.

Meskipun umumnya aman untuk dilakukan, berkumur dengan menggunakan air garam ternyata juga tidak baik untuk kesehatan gigi.

Menurut Verywell Health, terlalu sering menggunakan larutan garam untuk berkumur bisa menipiskan enamel yang merupakan lapisan terluar gigi.

Ketika enamel gigi ini terkikis, lapisan dentin yang berada di bawahnya akan terlihat.

Lapisan dentin sendiri memiliki warna kekuningan sehingga justru akan membuat gigi terlihat lebih kuning ketika menggunakan air garam untuk berkumur secara berlebihan.

Baca juga: 6 Cara Menggosok Gigi yang Benar agar Tidak Kuning

Manfaat berkumur dengan air garam selain memutihkan gigi

Air garam terbuat dari campuran 20 mL air dengan setengah atau satu sendok teh garam untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakannya untuk berkumur.

Berkumur dengan larutan garam bisa menjadi alternatif obat kumur karena beberapa produk memiliki kandungan alkohol yang tinggi sehingga bisa menyebabkan iritasi, khususnya pada gusi.

Meskipun belum terbukti secara ilmiah bisa membantu memutihkan gigi yang kuning, ada beberapa manfaat berkumur dengan larutan garam.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa manfaat berkumur dengan larutan garam yang akan didapatkan, seperti:

  • Menghentikan pertumbuhan bakteri di dalam mulut dengan meningkatkan keseimbangan pH
  • Mengurangi penumpukan plak jika digunakan bersamaan dengan perawatan gigi yang lain, seperti menggosok gigi serta menggunakan benang gigi
  • Mempercepat proses penyembuhan setelah melakukan prosedur cabut gigi
  • Melindungi tubuh dari selesma serta mempercepat proses penyembuhan dari infeksi saluran pernapasan atas hingga 2,5 hari

Meskipun ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari berkumur dengan menggunakan air garam, efek sampingnya juga perlu diperhatikan.

Dengan mengetahui apakah berkumur dengan air garam bisa memutihkan gigi tersebut, Anda bisa melakukan cara lain yang lebih efektif untuk memutihkan gigi yang kuning, termasuk melakukan prosedur bleaching.

Baca juga: 7 Cara agar Gigi Tidak Kuning, Termasuk Berhenti Merokok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com