Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tantangan yang Bisa Terjadi saat Menikah dengan Penderita Bipolar

Kompas.com - 14/05/2023, 20:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Menikah dengan penderita bipolar tentu bukan hal yang mudah. Pasang surut adalah hal yang wajar dalam sebuah pernikahan.

Namun jika pasangan Anda mengalami gangguan bipolar, kondisi emosional Anda bisa naik turun ibarat menaiki wahana roller coaster.

Untuk diketahui, bipolar adalah gangguan kesehatan mental yang bisa membuat penderitanya mengalami perubahan suasana hati atau mood swing parah.

Baca juga: Penting Diwaspadai, Ini Penyebab Bipolar Kambuh

Orang dengan penyakit bipolar bisa mengalami fase mania atau hipomania (keadaan emosional yang energik dan gembira atau kadang-kadang agresif atau delusional), kemudian mengalami episode depresi secara bergantian.

Bipolar merupakan penyakit yang tak bisa disembuhkan dan berpotensi diturunkan dalam keluarga. Meski tidak ada obatnya, pasien bisa melakukan terapi untuk mengelola gejala.

Sebelum menyimak beberapa kemungkinan tantangan menikah dengan penderita bipolar, kenali dulu bagaimana masalah kesehatan ini memengaruhi suatu hubungan rumah tangga. 

Bagaimana efek bipolar pada kehidupan rumah tangga?

Orang menikah tentunya ingin mencari kestabilan dalam hubungan asmaranya. Tapi, psikiater Scott Haltzman mengingatkan gangguan bipolar bisa memperumit hubungan dalam rumah tangga.

"Pasien bipolar, terutama jika tidak diobati, mungkin rentan terhadap perubahan suasana hati, kepribadian, dan interaksinya yang dapat mengancam kestabilan dalam hubungan," ucapnya.

Dia menambahkan bahwa tidak semua orang dengan gangguan bipolar mengalami fase mood mania dan depresi yang berbeda.

Tetapi ketika episode-episode itu benar-benar terjadi, masalah kesehatan mental ini dapat merusak suatu hubungan.

Selama fase manik, seseorang bisa kehilangan akal sehatnya. Misalnya, mereka menghambur-hamburkan uang secara sembarangan, melakukan hal beresiko seperti penyalahgunaan narkoba dan alkohol, dan bahkan terlibat masalah dengan hukum.

Baca juga: Apakah Penyakit Bipolar Bisa Sembuh? Berikut Faktanya...

"Bila Anda memiliki pasangan dengan gangguan bipolar yang mengalami fase manik, itu bisa sangat merusak hubungan karena mereka mungkin melakukan hal-hal yang membahayakan Anda atau mungkin membahayakan Anda secara finansial," tambahnya.

Saat memasuki fase depresi, pasien penyakit bipolar cenderung menarik diri aktivitas sosial. Hal itu terkadang membuat frustasi pasangannya.

"Itu karena kamu ingin menarik mereka keluar dari ruangannya dan kamu tidak tahu bagaimana melakukannya,"ucap dia.

Baca juga: Bagaimana Menjalin Hubungan Asmara yang Sehat bagi Penderita Bipolar?

Tantangan Menikah dengan Pasien Bipolar

Ada beberapa tantangan yang bisa Anda hadapi ketika menikah dengan seseorang gangguan bipolar. Berikut tantangan tersebut:

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com