Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
DR. dr. Arya Tjipta, Sp. B.P.R.E., Subsp.K.M(K)
Dokter

Dokter Spesialis Bedah Plastik

Tips Menyembuhkan Luka Bakar untuk Keluarga

Kompas.com - 30/05/2023, 14:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

LUKA bakar kondisi yang kita harap tak pernah dihadapi, tapi dalam kehidupan sehari-hari seringkali menjadi suatu risiko.

Kondisi ini bisa terjadi saat memasak, saat berinteraksi dengan alat-alat listrik, atau saat berada di dekat api. Dalam situasi apa pun, pengetahuan tentang cara mengatasi luka bakar sangat penting.

Luka bakar yang sering terjadi di rumah tangga biasanya melibatkan salah satu dari tiga sumber utama: panas, listrik, dan zat kimia.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang masing-masing jenis luka bakar ini:

1. Luka bakar termal: Luka bakar ini terjadi akibat kontak dengan sumber panas, seperti api dari kompor atau lilin, air atau makanan panas, serta alat-alat panas seperti setrika atau tongkat pengeriting rambut. Luka bakar ini adalah jenis yang paling umum terjadi di rumah.

2. Luka bakar listrik: Luka bakar ini bisa terjadi akibat kontak dengan sumber listrik, seperti kabel listrik yang telanjang, soket, atau peralatan listrik yang rusak.

Meski mungkin tampak kurang parah di permukaan kulit, luka bakar listrik bisa merusak jaringan dalam tubuh dan harus segera ditangani oleh profesional medis.

3. Luka bakar kimia: Luka bakar ini disebabkan oleh zat kimia keras, yang bisa terdapat dalam produk pembersih rumah tangga, baterai, atau cairan untuk pembasmi hama.

Luka bakar kimia bisa merusak kulit secara mendalam dan memerlukan penanganan yang cepat.

Tidak peduli jenis luka bakar apa yang terjadi, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara memberikan pertolongan pertama dan kapan harus mencari bantuan medis.

Tentu saja, pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Jadi pastikan untuk selalu mematuhi langkah-langkah keselamatan di rumah untuk mencegah luka bakar.

Luka bakar terjadi ketika kulit terpapar oleh suhu tinggi, listrik, radiasi, atau zat kimia. Luka bakar ini memiliki beberapa tingkatan, mulai dari yang ringan hingga serius.

Luka bakar derajat pertama adalah yang paling ringan dan hanya memengaruhi lapisan terluar kulit atau epidermis. Gejala utamanya adalah kemerahan dan rasa nyeri.

Luka bakar derajat kedua melibatkan epidermis dan dermis atau lapisan kulit kedua. Gejalanya adalah lepuh, pembengkakan, dan rasa nyeri yang intens.

Sementara itu, luka bakar derajat ketiga adalah luka bakar yang paling serius, melibatkan semua lapisan kulit serta jaringan di bawahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com