Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2024, 18:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Huffpost

KOMPAS.com - Mencuci muka setiap malam atau setelah beraktivitas di luar merupakan tahapan penting untuk memiliki kulit yang sehat.

Selain memilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit, durasi waktunya juga perlu diperhatikan. Menurut para ahli, idealnya mencuci muka dilakukan tak lebih dari 60 detik.

Ide dari "aturan" itu sederhana. Mencuci muka satu menit bukan hanya cukup untuk membersihkan seluruh bagian wajah, tapi juga masih sempat untuk melakukan pemijatan ringan untuk melancarkan sirkulasi darah.

Mencuci muka satu menit diketahui berdampak besar pada kesehatan kulit, seperti kulit lebih cerah dan pori-pori terlihat lebih kecil.

Menurut dokter kulit Kellie Reed, mencuci muka satu menit akan meningkatkan kesehatan kulit, terlebih pada orang yang mudah berjerawat.

Baca juga: Jangan Langsung Cuci Muka Setelah Panas-panasan, Ini Sebabnya

"Banyak orang melihat hasil yang lebih baik dengan memperbaiki rutinitas mencuci mukanya dan lebih teliti dalam membersihkan sehingga debu, kotoran, dan sisa minyak, terhapus," kata Reed.

Durasi cuci muka yang tepat akan membantu bahan aktif dalam sabun bisa meresap ke dalam kulit. Pembersih dengan asam eksfoliasi seperti glycolic atau asam salisilat, akan lebih efektif jika tidak buru-buru dibilas.

"Kebanyakan orang mencuci muka sekitar 15 detik dan itu kurang lama bagi bahan-bahan dalam sabun bisa aktif. Idealnya, kita mencuci muka 45-60 detik. Jika kita membilas sabun terlalu cepat, masih ada sisa minyak dan debu tertinggal," kata dokter kulit Jeremy Brauer.

Meski demikian, ia mengingatkan bahwa durasi mencuci muka juga tergantung pada jenis kulit dan tipe sabun yang dipakai. Sebagian orang justru merasa kulitnya jadi kering jika cuci muka terlalu lama.

"Jika kulit terasa kaku atau kesat setelah dibilas, ini bisa jadi tanda metode cuci muka tertentu kurang tepat. Dalam hal ini gunakan sabun yang lembut atau pilih durasi cuci muka yang nyaman untuk kulit," katanya.

Reed menambahkan, pada orang yang jenis kulitnya kering cuci muka cukup dilakukan satu kali, yaitu malam hari.

"Membersihkan muka di malam hari akan memungkinkan kulit memperbaiki dirinya saat kita tidur. Cuci muka di pagi hari tidak terlalu penting, tapi jika kulit kamu berminyak disarankan untuk melakukannya pagi dan malam hari," katanya.

Baca juga: Eksfoliasi Wajah Berapa Kali Seminggu? Berikut Penjelasannya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com