Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Segar dan Kencang dengan Pijat Drainase Limfatik

Kompas.com - 20/04/2024, 13:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Tidak semua pijatan bermanfaat untuk mengurangi rasa pegal. Ada juga jenis pijatan yang bisa dilakukan untuk membuat wajah terlihat segar dan kencang, misalnya drainase limfatik.

Sistem limfatik merupakan bagian penting dari sistem imun kita. Melalui jaringan ratusan kelenjar getah bening, limfatik mengalirkan cairan yang disebut getah bening untuk diangkut kembali ke aliran darah.

Proses ini juga membuang limbah tubuh dan membawa sel darah putih yang membantu mencegah infeksi.

"Terapi drainase limfatik bisa meningkatkan penyerapan dan transportasi cairan limfatik yang mengandung toksin, bakteri, virus, dan protein," kata terapis lymphemea bersertifikat Lisa Levitt Gainsley.

Ketika ada hambatan di sistem limfatik, cairan dapat menumpuk. Kondisi ini bisa diatasi dengan pijat drainase limfatik yang dilakukan terapis bersertifikat.

Baca juga: Mengenal 6 Komponen Sistem Limfatik pada Tubuh Manusia

Pada awalnya pijatan ini dipakai untuk mengatasi lymphedema, kondisi yang ditandai dengan pembengkakan setelah kelenjar getah bening diangkat.

Dalam perkembangannya, pijat drainase limfatik mulai dipakai untuk bagian wajah dengan tujuan kecantikan.

Jika dilakukan secara rutin, pijatan ini dapat mengurangi bengkak di wajah, mengencangkan, hingga mengurangi iritasi. Sebagian penggemar pijat ini bahkan menyebutnya sebagai facelift tanpa operasi.

Menurut dokter kulit Michael Detmar, proses penuaan dan paparan sinar matahari meamng berpengaruh pada pembuluh limfatik.

"Meningkatkan aliran limfatik dengan pijat khusus di wajah memang bisa membantu,"katanya.

Namun, efek kekencangan wajah dari pijat ini mungkin berbeda pada tiap orang. Selain itu, meski pijatan ini aman tapi hasilnya hanya sementara.

Baca juga: Intip 6 Gaya Hidup yang Bisa Kurangi Jerawat di Wajah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com