Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 6 Gaya Hidup yang Bisa Kurangi Jerawat di Wajah

Kompas.com - 04/01/2024, 19:00 WIB
Agustin Tri Wardani,
Khairina

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Mengubah gaya hidup yang baik adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahkan mengatasi datangnya kembali jerawat di wajah.

Melansir dari Healthline, perubahan gaya hidup tertentu dapat memberikan efek yang kuat untuk menjaga tubuh tetap sehat, membuat kulit tidak terlalu berminyak, dan mengurangi kambuhnya jerawat.

Keinginan memiliki wajah yang bersih bisa dimulai dari sekarang melalui gaya hidup yang akan berdampak baik untuk mengurangi jerawat di wajah.

6 gaya hidup yang bisa kurangi jerawat di wajah

Perubahan gaya hidup pada diri kita bisa menjadi salah satu usaha dan cara agar bisa mengurangi bahkan membuat wajah tidak jerawatan lagi.

Terkadang, kita tidak menyadari bahwa terdapat kebiasaan buruk pada gaya hidup kita bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah. 

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh gaya hidup yang bisa dilakukan untuk mengurangi jerawat di wajah.

  • Hindari menyentuh jerawat

Hal yang harus kita lakukan saat menjalani pola hidup sehat untuk kurangi jerawat di wajah adalah dengan membiasakan tidak menyentuh luka jerawat.

Jika kita sering membiasakan menyentuh atau memencet jerawat maka bisa berdampak mengiritasi kulit, memperburuk jerawat, dan dapat menyebarkan jerawat ke area lain.

Saat kita menyentuh, menggosok, atau memencet jerawat juga akan membuat lebih banyak bakteri masuk ke dalam bagian lesi atau kulit yang rusak akibat jerawat, sehingga menyebabkan infeksi lebih lanjut. 

  • Memilih pembersih yang tepat

Banyak sabun perawatan wajah yang dijual di pasaran memiliki tingkat keasaman atau pH yang terlalu tinggi dan dapat mengiritasi kulit, sehingga membuat jerawat semakin parah.

Untuk itu, biasakan untuk berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah. Kita bisa mempelajari kandungan-kandungan bahan aktif dalam produk perawatan dan mengetahui mana yang cocok dan aman untuk kulit berjerawat

Memilih produk perawatan yang lembut dapat mengurangi risiko jerawat muncul kembali dan membantu penyembuhan luka akibat jerawat di wajah.

  • Menggunakan perawatan kulit bebas minyak

Produk perawatan yang memiliki kandungan minyak dapat menyumbat pori-pori, meningkatkan risiko tersumbat dan tumbuhnya jerawat pada wajah.

Untuk itu, kita bisa menghindari produk perawatan kulit dan kosmetik yang berlabel "bebas minyak" atau "noncomedogenic", yang tidak akan menyumbat pori-pori di wajah.

    • Menjaga kulit tetap terhidrasi

Tips untuk mengurangi jerawat di wajah berikutnya adalah memastikan dan menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Ketika kulit kering, kulit dapat menjadi iritasi atau rusak, yang dapat memperburuk jerawat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com