Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Waode Fifin Ervina
Dosen

Dosen Magister Imunologi, Sekolah Pascasarjana, Universitas Airlangga

Mandi Malam, Bahaya bagi Tubuh?

Kompas.com - 19/05/2024, 16:28 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

MANDI malam menjadi kebiasaan banyak budaya selama berabad-abad dan dampaknya terhadap kesehatan menjadi topik menarik bagi para peneliti.

Ada anggapan umum bahwa mandi malam sebelum tidur dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Meski mandi penting untuk kebersihan pribadi, tetapi mandi pada malam hari dapat memengaruhi kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Berikut beberapa manfaat mandi malam:

Pertama, kebersihan tubuh. Mandi malam dapat memberikan manfaat fisik bagi tubuh. Air hangat dapat membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat membantu relaksasi.

Mandi di malam hari juga dapat membantu membersihkan kulit dari akumulasi kotoran, minyak sepanjang hari sehingga mencegah pori-pori tersumbat dan potensi masalah kulit.

Dengan menjaga kebersihan kulit, seseorang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi risiko infeksi atau iritasi kulit.

Kedua, kualitas tidur. Salah satu manfaat utama mandi malam, yaitu meningkatkan kualitas tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mandi air hangat atau mandi sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur.

Alasan di balik ini adalah pengaturan suhu alami tubuh, karena mandi air hangat meningkatkan suhu tubuh, dan penurunan suhu setelah mandi memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya tidur.

Selain itu, relaksasi yang disebabkan mandi dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang selanjutnya berkontribusi pada peningkatan kualitas tidur.

Relaksasi ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, karena pikiran dan tubuh yang rileks akan lebih mampu terlelap sepanjang malam.

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan karena mendukung berbagai fungsi fisiologis tubuh.

Ketiga, relaksasi dan mengurangi stres. Mandi di malam hari dapat berfungsi sebagai ritual relaksasi. Dengan mandi malam seseorang akan melepas lelah dan menghilangkan stres setelah hari yang melelahkan.

Air hangat dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh, dan tindakan mandi dapat menjadi salah satu bentuk perawatan diri dan mindfulness.

Respons relaksasi ini dapat berdampak positif bagi kesehatan secara keseluruhan karena stres telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti masalah kardiovaskular, melemahnya fungsi kekebalan tubuh, dan gangguan kesehatan mental.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com