Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yoga atau Pilates yang Efektif Kecilkan Lingkar Perut?

Kompas.com - 02/07/2024, 12:04 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Banyak gerakan yoga atau pilates yang dianggap mirip. Namun, masing-masing olahraga ini punya keunggulan berbeda. Termasuk dalam hal mengecilkan lingkar perut.

Menurut pelatih kebugaran bersertifikat, Daisean Brewster, semua olahraga pada dasarnya bermanfaat untuk kebugaran.

"Baik yoga atau pilates sama-sama fokus untuk meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan. Tapi, memang ada perbedaan dalam hal membakar lemak tubuh," katanya.

Salah satu perbedaan utama dari kedua olahraga itu adalah intensitasnya.

“Gerakan yoga biasanya membuat kita tetap dalam satu pose dalam jangka waktu yang lebih lama, dengan fokus pada pernapasan dalam dan perhatian penuh,” jelas Brewster.

Baca juga: Wajib Coba, 8 Gerakan Wall Pilates untuk Singkirkan Lemak Perut

“Meskipun yoga dapat membantu meningkatkan kekencangan dan kelenturan otot, yoga mungkin tidak efektif dalam membakar lemak tubuh dibandingkan dengan bentuk olahraga yang lebih intens seperti latihan interval intensitas tinggi (HIIT),” sambungnya.

Sementara itu, pilates merupakan tipe olahraga yang sering menggunakan alat-alat seperti mesin reformer atau resistance band untuk menambah ketahanan pada tiap gerakan. Hal ini akan meningkatkan pembarakan kalori sekaligus pembentukan otot.

“Pilates berfokus pada penguatan otot inti, yang dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan mengurangi lemak perut seiring waktu,” kata Brewster.

Jika kita ingin fokus mengurangi lingkar pinggang, maka dalam hal ini pilates lebih unggul. Namun, menurut Brewster kombinasi antara keduanya sangat bermanfaat untuk mencapai target penurunan berat badan.

"Yoga akan meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi stres, sedangkan pilates akan menargetkan kelompok otot spesifik dan meningkatkan kekuatan secara umum," ujarnya.

Baca juga: Mengapa Banyak Lemak di Perut? Berikut 8 Penyebabnya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com