Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wortel Mini Bisa Jadi Camilan Sumber Antioksidan

Kompas.com - 05/07/2024, 11:49 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Wortel mini alias baby carrot merupakan sayuran yang tinggi kandungan antioksidannya. Rasanya yang manis dan renyah membuatnya cocok dikonsumsi sebagai camilan menyehatkan.

Wortel mini mengandung karotenoid cukup tinggi. Karotenoid adalah pigmen yang memberi warna merah, oranye, dan kuning, pada sayuran dan buah-buahan.

“Karotenoid punya dua fungsi penting bagi kesehatan. Pertama adalah menjadi sumber zat yang kemudian menjadi vitamin A, dan yang kedua adalah berfungsi sebagai antioksidan,” kata pakar nutrisi Dave Bridge PhD.

Vitamin A sangat penting untuk fungsi penglihatan, daya tahan tubuh, reproduksi, serta pertumbuhan dan perkembangan. Sementara antioksidan akan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kadar radikal bebas yang berlebihan akan menyebabkan stres oksidatif yang akhirnya memicu sejumlah penyakit, termasuk kanker.

Penelitian menunjukkan, kadar karotenoid kulit yang tinggi terkait dengan peningkatan daya tahan tubuh dan kesehatan kulit, termasuk mengurangi risiko kanker kulit melanoma.

Baca juga: Kenali Jenis Antioksidan dan Sumbernya untuk Lawan Radikal Bebas

Dalam penelitian terbaru disebutkan, orang muda yang mengonsumsi wortel mini tiga kali seminggu memiliki kadar karotenoid kulit yang tinggi.

Seperti diketahui, kadar karotenoid dapat ditingkatkan saat seseorang mengonsumsi suplemen betakaroten, dan juga konsumsi wortel.

“Hasil penelitian kami menyimpulkan, perubahan pola makan meski sedikit dapat meningkatkan akumulasi karotenoid,” kata ketua peneliti Suresh Mathews PhD, pakar nutrisi dan diet di Samford University, Birmingham, Amerika Serikat.

Ia mengatakan, secara umum tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisi dan vitamin dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dibandingkan suplemen. Itu sebabnya konsumsi wortel mini lebih direkomendasikan karena praktis dan murah.

Wortel mini bisa dikonsumi dalam berbagai cara, disayur, direbus, dijadikan campuran salad, atau pun menjadi camilan renyah.

Baca juga: Cara Masak Wortel Lebih Sehat, Bisa untuk Anak

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com