Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengajarkan Emosi Pada Anak Lewat Buku Cerita

Kompas.com - 27/07/2024, 16:03 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Balita dan anak usia prasekolah memiliki emosi yang meluap-luap. Belajar mengatur emosi ini bisa menjadi tantangan bagi siapa pun, terutama anak kecil.

Menurut psikolog Ayoe Sutomo M.Psi, anak-anak sudah memiliki emosi sejak mereka dilahirkan, bahkan 0 bulan. Enam emosi dasar adalah senang, marah, sedih, takut, terkejut, dan jijik.

“Hanya saja saat bayi, belum terlalu mahir mengeskpresikannya. Masuk usia 2-3 tahun, emosinya mulai lebih kompleks. Begitu pula dalam cara mengeskpresikan
emosi, sudah lebih berkembang," kata Ayoe dalam acara peluncuran serial buku cerita anak di ajang Mums Festival 2024 (26/7/2024).

Ia menjelaskan, emosi balita sudah mulai berkembang karena perkembangan kognitifnya dan juga sudah mendapat banyak pengaruh dari lingkungan.

"Perkembangan bahasa juga sudah berkembang, sudah bisa bicara sehingga mengekspresikan emosinya sudah lebih kompleks, tidak hanya menangis seperti saat bayi,” jelas Ayoe.

Baca juga: Ekspresi Emosi Anak yang Tepat Menghasilkan Mental Sehat

Seri buku cerita bertema emosi berjudul Adek Marah, Adek Takut, Adek Sedih, dan Adek Senang. Dok Teman Bumil Seri buku cerita bertema emosi berjudul Adek Marah, Adek Takut, Adek Sedih, dan Adek Senang.

Ayoe menegaskan, mengajarkan anak-anak untuk mengenali berbagai emosi yang dialaminya akan membantu mereka untuk mengarahkan dan mengaturnya.

“Anak yang memahami emosinya akan lebih mampu untuk mengendalikan cara mengekspresikannya serta memiliki kepekaan terhadap perasaan orang lain. Karena
dengan kemampuan ini anak dapat lebih mudah beradaptasi," paparnya.

Baca juga: Orangtua Harus Belajar Mengelola Emosi Anak

Salah satu media untuk mengenalkan jenis-jenis emosi pada anak adalah lewat buku cerita.

Aplikasi Teman Bumil meluncurkan seri cerita anak yang terdiri dari 4 buku.

Dua buku seri pertama yang diluncurkan bertepatan dengan Mums Festival dan Hari Anak Nasional 2024, adalah "Adek Marah" dan "Adek Takut". Dua buku lainnya, akan diterbitkan pada Oktober 2024, dengan judul, "Adek Sedih" dan "Adek Senang".

Co-founder Teman Bumil, T. Robyn Soetikno, menyambut baik peluncuran serial
buku cerita anak Teman Bumil ini.

"Inovasi terbaru kami adalah meluncurkan buku seri cerita anak sebagai salah satu dari banyak pintu untuk mengajarkan jenis-jenis emosi untuk si kecil,” jelasnya.

Buku serial cerita anak Teman Bumil dilengkapi panduan membacakan cerita dan
daftar pertanyaan untuk memudahkan Mums berinteraksi dengan si Kecil selama
proses membacakan cerita. Pembelian buku bisa dilakukan di Mums Festival di mal Kota Kasablanka Jakarta pada 26-28 Juli 2024 atau pre-order di Shopee Teman Bumil atau aplikasi Teman Bumil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau