Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bijaksana Memilah Saran Parenting di Media Sosial

Kompas.com - 27/07/2024, 15:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Bagi orangtua baru, merawat anak di usia bayi dan balita membawa kebahagiaan, serta berbagai macam keputusan tentang cara terbaik dalam pengasuhan.

Hal yang sama juga dialami oleh orangtua dengan anak kedua dan seterusnya. Walau sudah punya pengalaman, tetapi selalu ada tantangan baru karena tiap anak punya sifat dan kepribadian berbeda.

Itu sebabnya para orangtua yang memiliki anak usia 0-4 tahun sering mencari saran dan juga berdiskusi dengan sesama orangtua.

Hidup di era digital, orangtua millenial banyak yang memanfaatkan internet untuk mencari informasi seputar pengasuhan dan kesehatan anak.

Berdasarkan hasil riset tahun 2019 terhadap orang tua millenial di Indonesia, lebih dari setengahnya (55,9 persen) memanfaatkan internet, khususnya media sosial untuk mencari informasi tentang parenting.

Namun, tidak semua informasi yang beredar di internet dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya.

Baca juga: Tips dan Trik Digital Parenting

Dalam sebuah survei terungkap, banyak orangtua yang tidak bisa membedakan apakah saran parenting yang mereka lihat di media sosial bisa dipercaya atau tidak.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mencari informasi dari sumber terpercaya, agar dapat menerapkan parenting yang layak anak dan mendukung perkembangan optimal anak.

Sumber terpercaya bisa berasal dari dokter, pakar di bidangnya, hasil penelitian atau pun jurnal.

Memperingati Hari Anak Nasional 2024, Nutricia meluncurkan layanan digital parenting melalui Nutriclub.

Medical Science Director Danone Indonesia, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, mengatakan, layanan digital parenting ini bertujuan untuk mempermudah orangtua mendapatkan informasi tentang imunitas, nutrisi, dan tumbuh kembang anak, yang sudah divalidasi oleh pakar.

"Nutricia memahami bahwa digital parenting menuntut orangtua untuk lebih peka terhadap teknologi dan bagaimana teknologi tersebut memengaruhi anak-anak mereka. Nutriclub memberikan panduan praktis dan edukatif untuk mendukung orang tua dalam menghadapi tantangan ini," katanya dalam temu media yang digelar secara online (25/7/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau