Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2024, 17:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Polusi udara bukan cuma berdampak pada organ pernapasan tapi juga kulit. Ketahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk melindungi kulit.

Partikel polutan seperti debu, asap, dan logam berat dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan. Bagi kulit yang sensitif, paparan ini dapat memicu reaksi iritasi seperti kemerahan, gatal, dan ruam.

Polusi udara juga mengurangi kadar kelembapan kulit karena dapat merusak lapisan pelindung alami kulit. Ini menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan kehilangan kemampuan untuk menahan air.

Kulit sensitif, yang biasanya sudah lebih rentan terhadap kekeringan, akan terasa lebih kering dan kasar ketika terpapar polusi.

Dr.Olivia Ong M.Biomed, founder AYOM Skincare.Dok pribadi Dr.Olivia Ong M.Biomed, founder AYOM Skincare.
Indonesia saat ini termasuk negara yang sangat berpolusi. Di Jakarta sendiri sumber terbesar polusi berasal dari sektor transportasi dan juga pembakaran batu bara.

Baca juga: Dampak Tak Terduga dari Polusi Udara: Perubahan Suasana Hati

"Partikel polusi terkecil atau PM (particulate matter) juga dapat terserap ke dalam kulit manusia, tinggal di sana bertahun-tahun dan tak bisa terurai, bahkan dapat mengganggu fungsi plasenta bayi," kat dr.Oliva Ong, M.Biomed.

Itu sebabnya kulit perlu dilindungi dengan produk yang bisa mengurangi dampai dari radikal bebas yang berasal dari polutan dan juga radiasi ultraviolet.

Menurut dr.Olivia, hidup di lingkungan dengan tingkat polusi tinggi dan juga terpapar sinar matahari sepanjang tahun, membutuhkan perlindungan yang lebih.

"AYOM baru saja meluncurkan produk All Purpose Suncreen Body Lotion. Kelebihannya bisa mencegah kerusakan kulit akibat visible ligt dan radiasi infrared dari sinar matahari," papar founder dari AYOM Skincare ini.

Baca juga: 10 Penyebab Tiba-tiba Gatal Seluruh Badan, Tak Hanya Kulit Kering

AYOM All Purpose Sunscreen masuk dalam kategori organic-physical, broad-spectrum sunscreen. Kandungan beragam antioksidannya juga diklaim mampu melindungi kulit, serta memulihkan kulit pasca radiasi matahari dan polusi.

Selain memakai produk perawatan kulit yang tepat, sangat disarankan juga untuk membersihkan wajah dan tubuh secara menyeluruh setelah terpapar polusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau