Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infeksi Paru-paru Apakah Bisa Sembuh? Berikut Penjelasan Dokter...

Kompas.com - 08/10/2024, 19:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Infeksi paru-paru adalah kondisi medis yang terjadi akibat bakteri, virus, jamur, atau parasit dan kuman tuberkulosis.

Infeksi tersebut mengakibatkan peradangan pada paru sehingga penderita mengalami beragam gangguan pernapasan, antara lain:

  • Batuk dengan lendir kental atau berdarah
  • Nyeri dada tajam
  • Sesak napas
  • Suara berderak di paru.

Kenaikan suhu tubuh atau demam, nyeri otot, mengi, kelelahan, dan penurunan nafsu makan juga termasuk gejala infeksi paru.

Baca juga: Apa Ciri-ciri Kanker Paru-paru? Berikut Penjelasan Dokter

Lantas, infeksi paru-paru apakah bisa sembuh?

Dokter spesialis paru dan pernapasan dr. Brigitta Devi Anindita Hapsari, Sp. P menjelaskan, infeksi paru bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.Dok. dr. Brigitta Devi Anindita Hapsari, Sp. P Dokter spesialis paru dan pernapasan dr. Brigitta Devi Anindita Hapsari, Sp. P menjelaskan, infeksi paru bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.
Dokter spesialis paru dan pernapasan dr. Brigitta Devi Anindita Hapsari, Sp. P menjelaskan, infeksi paru bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.

"Kalau infeksi paru yang disebabkan oleh virus biasanya akan sembuh sendiri karena self limiting disease. Perlu kita tingkatkan saja status kesehatan pasien, bisa diberi vitamin atau antivirus yang sesuai," kata dr. Brigitta kepada Kompas.com, Selasa (08/10/2024).

Untuk kasus infeksi paru karena bakteri, Brigitta mengatakan, pasien biasanya diberi antibiotik. Infeksi paru umumnya akan sembuh dalam 7-14 hari.

"Kayak kasus Raja Salman ini kemungkinan (infeksi paru) karena bakteri karena ada data sebelumnya dia diberikan antibiotik. Itu bisa sembuh, biasanya sekitar 7-14 hari," jelas dokter yang berpraktik di RS UNS Solo tersebut.

Brigitta melanjutkan, pengobatan infeksi paru karena jamur akan diberi obat anti-jamur. Kemudian, pada penderita infeksi paru yang disebabkan oleh parasit, akan diberi anti-parasit.

Baca juga: Apa saja Pengobatan Kanker Paru-paru? Berikut Penjelasan Dokter...

Apakah infeksi paru dan radang paru sama?

Dokter Brigitta mengatakan bahwa infeksi paru sama dengan radang paru. Hal itu karena infeksi mengakibatkan proses peradangan pada paru atau disebut peradangan di parenkim paru.

"Parenkim paru merupakan bagian paru di luar dari segmen bronkus. Biasanya kumannya di dalam alveoli tersebut sehingga terjadi radang," papar dokter yang menamatkan pendidikan spesialis program studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi di FK UNS tersebut.

"Radang menyebabkan penurunan proses difusi atau pertukaran oksigen dan karbondioksida. Jadi makanya, pasiennya ada sesaknya. Kalau kita ukur saturasi di perifer pakai alat (oksimeter) itu biasanya turun saturasinya kalau misal pneumonianya derajat berat," imbuh dr. Brigitta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau