Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keju Lunak Sebaiknya Dihindari Pasien Kanker

Kompas.com - 17/12/2010, 14:43 WIB

Kompas.com - Bila Anda menderita kanker, apa yang harus dimakan dan seberapa sering Anda harus makan mungkin berbeda dengan ketika masih sehat. Salah satu jenis makanan yang harus dihindari adalah keju lunak karena meningkatkan risiko keracunan makanan akibat bakteri listeria.

Saran tersebut dikeluarkan oleh para peneliti dari Cancer Research Inggris. Mereka mengatakan pasien kanker yang melakukan kemoterapi harus menghindari makanan yang bisa menyebabkan infeksi.

Walaupun keracunan makanan akibat bakteri Listeria monocytogenes jarang terjadi namun infeksi bakteri ini bisa berdampak serius. Ibu hamil yang terkena infeksi ini beresiko mengalami keguguran. Pada orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah atau gangguan sistem imun, bakteri ini bisa menyebabkan darah keracunan atau meningitis.

Tim peneliti dari Health Protection Agency (HPA) menganalisa 1.413 orang, tidak termasuk ibu hamil, yang terkena listeria antara tahun 1999 dan 2009 di Inggris. Mayoritas menderita penyakit tertentu sehingga lebih beresiko terkena listeria.

Pasien kanker memiliki risiko lima kali lebih besar dibanding orang yang menderita penyakit lain, misalnya diabetes. Resiko tertinggi dihadapi oleh pasien kanker darah.

"Riset kami menunjukkan mereka yang mendapat terapi untuk kanker atau menderita penyakit, seperti diabetes atau penyakit ginjal, harus diberikan saran untuk menghindari listeria," kata Dr.Bob Adak dari HPA.

Saat ini larangan mengonsumsi keju lunak untuk menghindari listeria baru diberikan secara pasif kepada ibu hamil, namun kelompok-kelompok lain yang beresiko seharusnya mendapatkan informasi yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com