Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gusi Bengkak Bikin Susah Hamil

Kompas.com - 06/07/2011, 16:23 WIB

Kompas.com - Apabila Anda sedang berencana untuk hamil, ada baiknya mengunjungi dokter gigi untuk mengecek kesehatan gusi dan gigi Anda. Pasalnya, penyakit periodontal atau penyakit gusi bisa menghambat kesuburan.

Seperti halnya efek obesitas pada perempuan, penyakit periodontal juga berdampak pada kesuburan. Sebuah studi menyebutkan penyakit gusi bisa memperlambat peluang untuk pembuahan hingga dua bulan.      Hal ini sudah dibuktikan dari sebuah penelitian medis yang dilakukan di Autralia Barat terhadap 3.416 ibu hamil. Usia rata-rata wanita tersebut masih cukup muda dan memiliki latar belakang Asia.

Wanita yang gusinya rusak butuh tujuh bulan untuk hamil, sedangkan wanita memiliki gusi sehat hanya membutuhkan  lima bulan saja. Sementara itu wanita non-Kaukasia yang menderita sakit gusi keberhasilan pembuahannya mencapai satu tahun.

Penelitian ini juga mempertimbangkan faktor lain yang menghambat kehamilan seperti kebiasaan merokok serta berat badan.  Para peneliti menduga, bakteri di mulut yang menyebabkan peradangan juga memiliki efek pada sistem reproduksi.

Kendati demikian, Roger Hart, pakar kedokteran reproduksi dari University of Western Australia, mengatakan menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu dari seluruh paket gaya hidup sehat.

“Anda juga harus memperhatikan berat badan yang ideal, berhenti merokok, menghindari alkohol, memiliki pola makan sehat serta memastikan tidak ada penyakit. Tetapi memang penyakit gusi harus dihindari," katanya.

Studi-studi sebelumnya juga menghubungkan penyakit periodontal dengan keguguran dan kelahiran prematur. Dampak yang sama juga ditemukan pada ibu hamil yang menderita penyakit jantung, diabetes melitus, penyakit pernapasan, serta gangguan ginjal. (M05-11)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com