Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2015, 09:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis


KOMPAS.com -
Treadmill biasanya jadi favorit pemula olahraga di pusat kebugaran. Cukup berjalan kaki,  tubuh bisa jadi langsing. Berikut ini panduan gerak badan agar olahraga ini jadi aman dan bermanfaat.

Treadmill adalah mesin yang dirancang sebagai alat olahraga jalan kaki. Tidak dibutuhkan ketrampilan khusus untuk menjalankan mesin ini selama kita masih bisa melangkah. Mesin ini menawarkan keamanan dan kenyamanan. Di kala musim hujan pun kita masih bisa berolahraga kapan pun diinginkan tanpa terkendala oleh cuaca.

Bila benar-benar pemula dalam berolahraga, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dokter sebelum mulai berolahraga. Ketika mulai berolahraga, mulailah dengan intensitas ringan dan waktu yang pendek selama beberapa minggu. Intensitas dan waktu bisa ditingkatkan ketika tingkat kebugaran makin meningkat. Ketika tubuh tidak lagi kepayahan lagi.

Latihan dengan treadmill juga bisa ditujukan untuk melangsingkan badan. Latihan yang konsisten dan berjalan dalam intensitas yang membakar lemak selama 30 menit. Latihan treadmill secara teratur akan bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh dan bekerja lebih efisien dalam membakar lemak. Lebih baik lagi jika latihan treadmill ini jadi bagian dari pola hidup sehari-hari yang tak pernah terlewat, seperti halnya menggosok gigi.

Namun olahraga saja tidak cukup untuk melangsingkan tubuh. Diperlukan pula pola makan gizi seimbang yang sehat agar tujuan penurunan berat badan terjadi dengan aman dan sehat.

Jangan lupa lakukan peregangan sebelum berolah raga dan tutup latihan dengan pendinginan. Berikut ini gerakan yang bisa ditiru untuk peregangan sebelum menyalakan mesin treadmill. Tahan masing-masing gerakan selama delapan hitungan untuk bagian kiri dan kanan tubuh.

Peregangan paha depan
Berdiri tegak lalu majukan kaki kiri ke depan hingga lutut tegak lurus dengan kaki. Letakkan tangan di atas paha kiri. Tahan selama 8 hitungan. Ganti majukan kaki kanan.

Peregangan paha belakang
Berdiri tegak lalu angkat tumit kiri dan luruskan kaki kiri. Tapakkan tumit di lantai. Bungkukkan badan. Pegang ujung telapak kaki kiri dengan tangan kiri. Tahan selama 8 hitungan. Ganti dengan bagian kanan.

Peluk paha
Berdiri tegak lalu angkat paha kanan dan peluk. Tahan selama 8 hitungan. Ganti dengan bagian kiri.

Lipat kaki di belakang paha
Letakkan kaki kanan di belakang paha kanan. Tahan selama 8 hitungan. Ganti dengan bagian kiri.

Perengangan pinggang
Berdiri tegak lalu angkat kedua tangan. Miringkan tubuh dan tangan ke arah kiri. Tahan selama delapan hitungan lalu ganti ke arah kanan.

Peregangan bahu

Berdiri tegak lalu angkat lengan kiri dan letakkan di depan dada. Tekan lengan kiri dengan tangan kanan. Tahan selama 8 hitungan dan ganti dengan lengan kanan.

Peregangan trisep

Berdiri tegak lalu angkat lengan kanan dan arahkan tangan di belakang kepala. Tahan siku dengan tangan kiri. Tahan selama 8 hitungan dan ganti dengan lengan kiri.

Berjalan di mesin treadmill

Setelah peregangan selesai, mulailah berjalan di mesin treadmill selama 30 menit. Pilih menu kecepatan dan heart rate sesuai dengan arahan dokter atau pelatih pribadi.

Narasumber : Dr. Michael Triangto, SpKO, Slim + Health Sports Therapy Mal Taman Anggrek

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com