Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2015, 07:35 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Anda pernah berhasil menurunkan berat badan, tapi kemudian berat badan kembali ke ukuran semula dan itu terjadi berulang-ulang? Jika ya, berarti Anda perlu strategi baru yang mampu membuat hasil diet bertahan selamanya dan inilah strategi baru yang Anda butuhkan.

1. Ubah cara Anda mendeskripsikan tujuan diet

Diet yang selama ini banyak orang lakukan, memiliki awal dan akhir. Itulah masalahnya, kata David Grotto, RD, spesialis nutrisi dan penulis buku Best Things You Can Eat. Apakah tujuan diet Anda selama ini hanyalah mencapai berat ideal? Itulah yang banyak orang inginkan dan ini kurang tepat.

Diet berarti pola makan dan itu seharusnya diterapkan seumur hidup untuk membentuk gaya hidup yang sehat. Karena ini adalah komitmen jangka sangat panjang, artinya Anda harus memilih diet yang cukup sehat untuk diterapkan selamanya.

2. Buat tujuan itu berarti

Ubah fokus Anda dari "Saya ingin muat memakai celana ketat itu" menjadi "Saya ingin merasa sehat dan lebih berenergi".

Tujuan internal - seperti bagaimana Anda ingin Anda merasa dan bukan bagaimana Anda ingin terlihat - akan memberi motivasi jangka panjang yang Anda butuhkan, untuk mempertahankan hasil diet yang selama ini Anda jalankan.

3. Sudahi sesuatu yang tidak berhasil

Misalnya, selama ini Anda bercita-cita berlatih di gym rutin. Anda berusaha meluangkan waktu setelah pulang kerja, tapi sampai saat ini tidak pernah berhasil. Atau Anda selalu gagal untuk tidak ngemil. Berhentilah berusaha untuk hal yang terbukti berulang kali gagal.

Mengapa Anda tidak meluangkan waktu di pagi hari sebelum jam kerja dan mulai membawa kudapan sehat sendiri dari rumah?

4. Permudah segala sesuatu

Buatlah standar kesuksesan yang sederhana dan bisa dimulai di rumah. Contohnya, lari pagi tiga kali seminggu. Letakkan perangkat olahraga di samping tempat tidur malam sebelumnya. Atau letakkan mangkuk berisi buah-buahan segar di meja makan dan meja dapur.

Dengan cara seperti ini, Anda akan lebih mudah berhasil, demikian menurut John C. Norcross, PhD, profesor psikologi dan penulis buku Changeology: 5 Steps to Realizing Your Goals and Resolutions.

5. Buat kelompok pendukung

“Beritahu teman-teman terdekat, keluarga, dan rekan kerja tentang rencana perubahan yang ingin Anda buat,” ujar Norcross.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com