Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Bakar Kalori Secepat Pria? Ini Rahasianya

Kompas.com - 16/11/2015, 18:57 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Jika Anda adalah satu di antara ribuan wanita yang sedang berjuang menurunkan berat badan, berolahraga maksimal di pusat kebugaran dan menghitung setiap kalori yang masuk ke tubuh Anda, sambil dikelilingi pria-pria yang nampaknya begitu cepat mendapat bentuk tubuh ideal, Anda tidak sendiri.

 

Kabar yang mengatakan bahwa pria lebih mudah menurunkan berat badan adalah antara mitos dengan fakta. Perbedaan sebenarnya antara pria dan wanita dalam hal ini adalah masalah fisiologis.

 

Pria lebih mudah membakar kalori, karena mereka cenderung memiliki tinggi, berat dan massa otot lebih dari wanita. Anda sudah tahu bahwa massa otot adalah salah satu faktor penentu pembakaran lemak tubuh. Semakin besar massa otot Anda, semakin mudah Anda membakar lemak.

 

Berkenaan dengan tinggi dan berat badan pria yang lebih dari wanita, atau dengan kata lain pria cenderung lebih besar dari wanita, ini juga memengaruhi. Orang yang berbadan besar punya keuntungan tersendiri dibanding yang berbadan kecil.

 

"Karena pria harus 'menanggung' berat dan tinggi yang lebih banyak saat beraktivitas, mereka membutuhkan energi yang lebih banyak juga. Karena mereka membutuhkan lebih banyak energi, tubuh mereka membakar lebih banyak kalori," kata Joey Gochnour, ahli diet dan nutrisi serta pelatih kebugaran bersertifikat di Amerika Serikat.

 

Karena kebutuhan kalori pria lebih banyak, modifikasi pola makan dan olahraga yang mereka jalankan akan menghasilkan defisit kalori. Hasilnya, berat badan pria turun lebih cepat dari wanita yang melakukan diet dan olahraga yang sama dengan pria. 

 

Organ tubuh yang lebih besar akan mengambil kalori lebih besar. Organ tubuh yang kecil, mengambil kalori kecil juga. Organ tubuh wanita yang lebih kecil, tidak akan membakar kalori lebih banyak dari pria yang ukurannya lebih besar. Jadi, defisit kalori wanita tidak akan sebanyak pria. Inilah yang menyebabkan penurunan berat badan wanita berjalan lebih lambat dari pria.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com