Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2016, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Sakit kepala biasanya terjadi akibat stres atau ketegangan otot. Tetapi, ada juga jenis nyeri kepala yang selalu hadir ketika seorang wanita sedang haid hari pertama.

Para ahli menyebut sakit kepala itu sebagai migrain menstruasi. Secara singkat, penyebabnya adalah hormon. Ketika sedang haid, akan terjadi penurunan hormon estrogen sehingga kemungkinan mengalami migrain pun lebih besar.

Hormon estrogen memiliki fungsi antara lain mengaktifkan bagian otak yang mengatur persepsi nyeri. Makin rendah estrogen, makin sedikit pula sumber daya otak untuk meredakan nyeri.

Migrain menstruasi bisa dialami sekitar satu atau dua hari sebelum siklus haid, atau pada hari pertama sampai kelima.

Bila Anda memiliki siklus haid yang teratur, sebenarnya migrain tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri sebelumnya.

"Jika siklus haid sangat teratur dan juga nyeri kepalanya bisa diprediksi selalu datang saat haid, bisa dilakukan pencegahan mini pada periode tersebut. Tapi jika siklus haidnya tak teratur, maka penanganannya seperti migrain biasa," kata Dr.Rashmi Halker, profesor neurologi dari Mayo Clinic Arizona.

Selain obat-obatan, kita juga dapat menekan keparahan migrain. Misalnya saja jangan menunda waktu makan, menghindari makanan siap saji dan pemanis buatan, alkohol, serta minuman berkafein.

Jaga agar pola tidur tetap normal dan sedapat mungkin mengurangi stres dengan cara melakukan rileksasi. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com