Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Gerakan untuk Menjaga Aliran Darah Tetap Lancar saat Menyetir

Kompas.com - 08/05/2016, 18:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber Womans Day

KOMPAS.com - Anda melakukan perjalanan ke luar kota pada akhir pekan yang panjang ini? Perjalanan panjang dan lalu lintas yang padat, dapat menyebabkan ketegangan pada tubuh Anda. Namun, ada latihan yang dapat Anda lakukan saat mengemudi, sehingga Anda tidak merasa terlalu lelah atau tegang untuk berjalan mencapai tempat tujuan Anda.

Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan adalah berhenti sejenak dan meregangkan otot-otot setiap dua sampai tiga jam untuk meredakan ketegangan dan menjaga peredaran darah tetap lancar. Berhentilah di tempat istirahat yang telah disediakan di tepi jalan dan ikuti tip-tip di bawah ini.

 

Supaya mengemudi tetap nyaman:

1. Posisikan kursi mengemudi dekat dengan kemudi untuk meminimalkan upaya kaki meregang terlalu jauh untuk menginjak pedal gas atau rem.


2. Jika Anda bepergian untuk jangka waktu yang lama, pastikan Anda membuat sedikit penyesuaian dalam posisi duduk Anda. Tulang belakang berada dalam satu posisi untuk jangka waktu yang panjang, dapat menyebabkan rasa sakit.


3. Jangan lupa untuk menyesuaikan postur tubuh Anda dari waktu ke waktu. Carilah posisi mengemudi yang paling nyaman untuk memungkinkan Anda menggeliat di kursi demi meringankan kelelahan postural.


4. Anda dapat memilih berbagai aksesoris kursi mobil untukmeningkatkan kenyamanan. Misalnya, pelapis sandaran dengan tekstur bergelombang yang berfungsi untuk meredakan ketegangan otot atau pelapis seat belt yangvterbuat dari busa empuk, serta bantal kecil penyangga pinggang belakang.

 


Gerakan untuk melancarkan sirkulasi darah dan meredakan otot yang tegang:

1. Kencangkan otot perut Anda dengan menarik pusar ke arah tulang belakang tanpa menahan napas. Tahan selama dua detik, lepaskan dan ulangi 16 kali.

2. Tempatkan bantal atau handuk antara lutut dan buat gerakan seperti meremas. Tahan selama dua detik, kemudian lepaskan. Ulangi 15 kali.

3. Pegang bantal dengan dua tangan setinggi dada dan remas-remas selama dua detik, rilis dan ulangi 15 kali.

4. Tempatkan telapak tangan di langit-langit mobil, selebar bahu. Tekan ke arah atap selama dua detik, kemudian lepaskan. Ulangi selama 16 kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com