Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2016, 13:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Ibu Negara AS, Michelle Obama hampir menyelesaikan tugasnya. Ternyata dalam 8 tahun terakhir banyak juga karyanya yang mengagumkan.

Ia dikenal memperjuangkan pendidikan lebih baik, mengatasi masalah ras. Selain kita mengenalnya sebagai ikon fesyen, ia juga seorang yang aktif di bidang kesehatan.

Selama delapan tahun terakhir, Michelle mengutamakan kesehatan fisik dan mental di garda depan karyanya. Food Initiatives dan kesadaran kesehatan mental merupakan contoh dari kegiatannya yang cukup menjadikannya seorang ikon kesehatan.

Pada 2010 Sang FLOTUS (First Lady of the United States) mendirikan kampanye Let's Move. Gerakan yang termasuk paling meninggalkan kesan ini diciptakan untuk mendorong anak-anak makan bergizi dan berolahraga teratur untuk masalah obesitas.

"Kesehatan fisik dan emosi seluruh generasi dan kesehatan perekonomian serta keamanan negara ada dalam taruhan. Ini bukan masalah yang bisa selesai dalam semalam. Tetapi jika semua orang bisa bekerja sama, masalah ini dapat terselesaikan," ujarnya dalam rilis untuk wartawan.

Sejak dimulai gerakan itu, Nyonya Obama mengunjungi banyak sekolah dasar untuk mempromosikan pilar-pilar kesehatan dan tentu saja bersenang-senang, dan menjadikannya tak terlalu susah dalam menjalaninya.

Bukan hanya bicara, ia juga memberi teladan. Ibu Obama memang rajin olahraga dan termasuk jagoan. Pernah ia merekam sesi latihan kickboxing dan perempuan menawan itu tampak kuat menendang.

Ibu negara yang satu ini juga tampak enak dilihat saat memakai baju tanpa lengan berkat lengannya yang kencang dan berotot. 

Michelle juga memberi contoh untuk menyukai sayur. Ia pernah syuting bersama Sesame Street untuk mengedukasi anak-anak makan dengan gizi baik. Ia tak segan menyanyi rap di acara itu.

Baru-baru ini, ia menjadi nyonya rumah Kids State Dinner tahunan yang sudah berlangsung ke-5 kalinya. Acara itu menghargai chef muda dan anak-anak yang mengutamakan makan sehat. Pemenang kontes diundang berbagi makan siang sehat dengan Michelle dan menyuguhkan resep anak-anak itu.

Ibu Obama juga mempromosikan kesadaran kesehatan mental segera sesudah menjadi FLOTUS. Ia bicara mengenai pentingnya mengobati penyakit mental, seperti halnya mengobati penyakit fisik. Ia juga bekerja sama dengan Duke dan Duchess of Cambridge untuk mengadovakasi kesehatan mental anak-anak sebagai bagian dari insiatif Young Minds Matter.

"Kita perlu belajar mengidentifikasi gejala-gejala masalah kesehatan mental. Kita harus punya keberanian mendekati dan bicara bersama teman dan keluarga untuk mencari bantuan ketika diperlukan. Kita perlu mengenali kesehatan mental kita sama pentingnya dengan kesehatan fisik dan mulai mengobatinya," kata Obama.

Karya lainnya, ia bekerja sama dengan Pangeran Harry tahun ini memulai Invictus Games, acara olahraga yang dipersembahkan untuk veteran yang cacat. Sang Pangeran dan Ibu Negara duduk bersama di acara Good Morning America berdiskusi mengenai stereotip negatif yang menyertai veteran yang mengalami kelainan psikis.

Harry dan Michelle menekankan pentingnya mencari bantuan dan pengobatan untuk masalah seperti kelainan stres pasca traumatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com