Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2016, 12:35 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Sudah lama diketahui bahwa minuman anggur merah berkhasiat untuk kesehatan jantung. Tetapi minum wine bikin mengantuk. Selain itu ada kandungan alkohol serta kalori di dalamnya terhitung tinggi.

Jangan khawatir, ilmuwan punya solusinya, yakni dengan mengemas anggur merah dalam bentuk pil. Pil suplemen baru ini menjanjikan manfaat untuk tubuh yang didapat dari resveratrol dari anggur tanpa mengantuk atau pun mabuk dan bikin gemuk.

Resveratrol, senyawa yang ditemukan secara alami di makanan seperti buah beri, anggur, dan wine menjadi favorit dalam industri suplemen beberapa bertahun-tahun berkat khasiatnya untuk anti penuaan, perlindungan jantung, dan menguatkan otak. Masalahnya adalah bagaimana agar tubuh mendapatkan senyawa itu secara efektif dalam tubuh.

Resveratrol dapat diekstraksi dan dimurnikan dalam bentuk pil, tetapi tubuh tidak menyerapnya seperti dari makanan alami. Mengapa? Resveratro yang dimurnikan dalam bentuk suplemen dipecahkan terlalu cepat di lever.

Tetapi, mungkinkah mendapatkan cukup resveratrol dari minum anggur merah? Ilmuwan yang meneliti potensi resveratrol memperlambat progresi Alzheimer's mengestimasi kita harus minum setara 1.000 botol anggur merah untuk mendapatkan khasiatnya seperti terlihat dalam riset. Tentu saja hal ini tidak bermanfaat, baik dari segi gizi maupun mabuk dan pusing yang disebabkannya.

Namun manfaat anggur merah itu terlalu menarik untuk diabaikan. Oleh karena itu ilmuwan di seluruh dunia berlomba menemukan suplemen resveratrol yang efektif.

Satu grup di Jupiter Orphan Therapeutics, sebuah perusahaan bioteknologi di Florida, AS mencoba memecahkan masalah itu dengan memformulasikan resveratrol bersama kandungan sehat lain yang ditemukan dalam wine.

Resep baru ini bakal mencegah molekul untuk terpecahkan di lever dan membuat khasiatnya bekerja untuk kesehatan tubuh kita.

"Tujuannya adalah meniru efek sinergi yang ditemukan dalam segelas anggur merah tanpa efek negatif dari alkohol," kata Nady Braidy, periset lain yang meneliti versi terbaru resveratrol dan ahli neurosains di University of New South Wales' Centre for Healthy Brain Ageing.

Formulasi Braidy itu hanya membutuhkan 25 mg suplemen, setara dengan "hanya" 13 botol wine.

Suplemen resveratrol jenis baru ini saat ini sedang diuji (dan sedang menunggu hak paten). Mungkin suplemen itu bakal segera tersedia di toko dalam setahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com