Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2016, 12:55 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Sulit dipungkiri, musik membawa kita ke jaman lampau, membuat kita menari atau masuk ke suasana rilek di malam hari. Musik secara positif mempengaruhi hidup kita.

Di bawah ini adalah sejumlah manfaat mendengarkan musik yang sudah dibuktikan lewat penelitian :

1. Meredakan kecemasan
Penelitian sudah membuktikan mendengarkan musik secara psikologis dapat meredakan stres dan bahkan mengurangi gejala depresi. Peneliti dari Inggris bahkan mengklaim lagu-lagu tertentu dapat mengurangi kecemasan hingga 65 persen. Mendengarkan musik saja sudah menjadi obat bagi diri kita.

2. Memberikan suasana hati baik
Musik gembira membuat kita merasa seolah berjalan di hari yang cerah. Riset membuktikan musik dapat mendongkrak suasana hati dan membuat kita jadi lebih bahagia.

3. Membantu penyembuhan
Tak perlu malu, mungkin kita termasuk yang berulang kali mendengarkan lagu-lagu Adele saat putus dengan pasangan. Ilmu pengetahuan mengatakan mendengarkan musik membantu menyembuhkan diri. Riset mengatakan musik sedih sebenarnya dapat menimbulkan emosi positif.

Sebuah studi dari 2014 menemukan, ketika seseorang mendengarkan lagu melankolis mereka mengalami lebih banyak empati karena mereka terhubung dengan kesedihan dalam musik itu tetapi tak mengalami "implikasi di dunia nyata" dari kejadian sedih. Hal ini menjadikan katarsis bagi pendengarnya.

4. Motivator selama olahraga
Musik bersemangat merupakan kunci saat angkat beban. Riset membuktikan musik dapat mendongkrak semangat saat olahraga. Musik juga membuat kita lari lebih kencang dan lebih kuat.

5. Tidur lebih nyenyak
Studi dari 2008 menemukan mendengarkan musik klasik membantu meringankan gejala insomnia pada mahasiswa. Riset lain juga menemukan musik dapat membuat kita berada dalam keadaan meditatif.

6. Meningkatkan performa
Mendapatkan proyek besar? Dengarkan musik saat bekerja. Riset membuktikan musik latar dapat meningkatkan performa kognitif pada tugas seperti ujian akademis. Riset juga menemukan musik bersemangat dapat membantu kita bekerja dengan baik meskipun di bawah tekanan.

7. Setia dengan Anda
Ada alasan mengapa lagu-lagu dari boy band lama tak pernah pudar dari hati kita. Musik adalah cara untuk nostalgia yang cepat. Para ahli percaya otak kita tetap dekat dengan musik dari masa muda karena kita mendengarkannya ketika masih membangun diri sendiri, koneksi sosial dan dunia di sekitar. Dengan cara sendiri, musik memberi informasi identitas diri Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com