Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal dan Tahun Baru Tiba, Ini Cara Jaga Kesehatan saat Liburan

Kompas.com - 22/12/2019, 20:00 WIB
Irawan Sapto Adhi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Libur Natal 2019 dan tahun baru 2020 segera tiba. Beberapa orang biasanya memanfaatkan momen itu untuk pergi berwisata maupun mudik.

Bukan hanya bisa mempererat hubungan antaranggota keluarga, berwisata maupun mudik ini bisa bermanfaat juga bagi kesehatan fisik dan mental pribadi.

Artikel Inc.com mencantumkan empat manfaat kesehatan yang bisa diraih dengan berlibur atau istirahat dari pekerjaan. Berikut manfaatnya:

1. Pengurangan stres

Artikel tersebut mengutip beberapa penelitian, salah satunya mencatat bahwa berlibur membuat orang tidak melakukan aktivitas yang mereka kaitkan dengan stres dan kecemasan.

Penelitian lain menunjukkan tingkat stres seseorang bisa berkurang selama masa liburan hingga waktu awal kembali bekerja.

Sementara penelitian lainnya menemukan bahwa para pelancong memiliki lebih sedikit penyakit fisik seperti sakit kepala dan sakit punggung.

Baca juga: 6 Tips Perjalanan Naik Mobil Pribadi agar Terasa Lebih Nyaman

2. Kesehatan jantung

Studi menunjukkan peningkatan risiko serangan jantung terjadi pada orang yang melewatkan liburan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya beban kerja yang didapat di kantor.

3. Peningkatan produktivitas

Para peneliti mengatakan liburan membantu karyawan fokus ketika mereka kembali bekerja. Dengan begitu, hal itu mereka menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Ernst & Young menyimpulkan bahwa untuk setiap 10 jam waktu liburan, kinerja akhir tahun karyawan bisa meningkat sebesar 8 persen.

Studi lain melaporkan bahwa orang yang mengambil cuti cenderung tidak meninggalkan perusahaan.

4. Tidur lebih baik

Para peneliti mengatakan gangguan tidur adalah masalah serius bagi karyawan yang terlalu banyak berpikir. Liburan, kata mereka, membantu orang mengatur ulang pola tidur mereka.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Ada 237 Titik Rawan di Jalur Perlintasan KA

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com