Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Manfaat Mendengarkan Musik saat Olahraga, Seperti Michelle Obama

Kompas.com - 23/01/2020, 07:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lewat unggahan di akun Instagrammnya, Michelle Obawa merilis daftar lagu yang biasa ia dengarkan saat berolahraga.

Unggahan yang dibuat pada Minggu (19/1/2020) itu berisi 27 daftar lagu yang ia klaim mampu meningkatkan peformanya selama melakukan sesi olahraga.

"Ini adala tentang masa-masa sulit untuk memenuhi resolusi tahun baru. Ini memberi sedikit indpirasi untuk mencapai kebugaran," demikian isi kutipan yang menyertai unggahan Instagram mantan First Lady AS itu.

Lantas, apakah mendengarkan musik memang bisa meningkatkan peforma kita dalam berolahraga?

Melansir laman resmi Universitas New Hampshire, Inggris, musik memang bisa membantu meningkatkan peforma kita saat berolahraga.

Musik terbukti dapat meningkatkan suasana hati, efisiensi metabolisme, dan daya tahan sehingga mengalihkan pikiran dari rasa sakit dan kelelahan yang dialami saat berolahraga.

Baca juga: Dengar Musik Saat Olahraga Bisa Bikin Lupa Waktu

Musik juga mendorong orang untuk tetap berolahraga dan mengalihkan perhatian dari rasa lelah.

Hal ini disebabkan karena musik bersaing dengan otak untuk mendapatkan perhatian dari pikiran-pikiran tentang sakit atau lelah.

Riset yang dipublikasikan the National Center for Biotechnology, Amerika juga telah membuktikannya.

Riset tersebut diikuti oleh 52 perserta yang terbagi dalam dua kelompok, yakni kelompok yang berolahraga dengan mesin kebugaran sembari mendengarkan musik dan tidak.

Dari hasil riset tersebut, terbukti bahwa peserta yang berolahraga sembari mendengarkan musik mengalami peningkatan toleransi nyeri pasca-aktivitas fisik dan suasana hati yang positif.

Riset yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One juga membuktikan, musik bisa memperpanjang waktu dan meningkatkan intensitas berolahraga tanpa membuat kita cepat lelah.

Musik mengalihkan pikiran sehingga membuat kita tidak sadar bahwa sudah berolahraga cukup lama tanpa merasa tenaga terkuras.

Manfaat tersebut terjadi karena tempo dari alunan musik yang didengarkan saat olahraga juga merangsang area motorik otak untuk tahu kapan harus bergerak.

Hal ini membuat kita bisa menggunakan energi tubuh lebih efisien karena berolahraga dengan kecepatan yang tetap sesuai alunan musik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com