Kompas.com - 21/12/2021, 17:01 WIB

KOMPAS.com - Tumbuh kembang anak adalah proses bertambahnya berat dan tinggi badan, serta meningkatkatnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh anak.

Melansir Kanal Pengetahuan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM, periode kritis atau fase penting tumbuh kembang anak paling pesat terjadi pada 1.000 hari pertama kehidupan.

1.000 hari pertama ini dihitung sejak saat pembuahan di dalam rahim ibu sampai si kecil berusia dua tahun.

 Baca juga: 4 Faktor yang Memengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Tahapan tumbuh kembang anak perlu sesuai standar usia atau tonggak perkembangannya.

Untuk itu, setiap anak perlu menjalani pemantauan tumbuh kembang secara berkala untuk mendeteksi ada tidaknya gangguan atau masalah pada perkembangan si kecil.

Gangguan tumbuh kembang anak

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), gangguan tumbuh kembang anak bisa memengaruhi pertumbuhan fisik, penyimpangan perkembangan, mental, atau emosional.

Berikut beberapa gangguan tumbuh kembang anak yang perlu diperhatikan orangtua:

  • Gangguan bicara dan bahasa

Kemampuan bicara dan berbahasa terkait dengan motorik, psikologi, emosi, kognitif, dan lingkungan sekitar anak. Kurangnya stimulasi dapat menyebabkan gangguan bicara dan berbahasa pada anak.

  • Cerebral palsy

Gangguan tumbuh kembang ini menyebabkan kelainan gerakan dan postur tubuh yang tidak progresif. Penyebabnya bisa berasal dari kerusakan atau masalah pada sel-sel motorik susunan saraf pusat.

  • Sindrom down

Sindrom down atau down syndrome adalah kelainan genetik yang terjadi ketika jumlah kromosom 21 berlebih. Kondisi ini menyebabkan tumbuh kembang anak terlambat dan kecerdasannya terbatas.

 Baca juga: 17 Tahapan Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.