Kompas.com - 22/12/2021, 08:01 WIB

KOMPAS.com - Beberapa orang mengeluhkan matanya terkena abu rokok ketika sedang berkendara di jalan.

Ketika abu rokok masuk ke mata, konsentrasi seseorang bakal terganggu karena mata terasa tidak nyaman dan refleks tangan biasanya bakal mengucek mata.

Refleks mata kelilipan abu rokok ini ternyata tidak tepat karena bisa berisiko bagi kesehatan indra penglihatan.

Baca juga: Awas, Merokok Bisa Jadi Penyebab Pengentalan Darah

Sebenarnya, regulasi yang mengatur pengemudi kendaraan bermotor dilarang merokok sembari berkendara di jalan sudah ada sejak 2019. Namun, hingga kini tetap saja masih ada pengendara yang nekat melakukannya.

Berikut penjelasan apa saja bahaya mata terkena abu rokok dan cara mengatasinya.

Bagaimana dampaknya jika mata terkena abu rokok?

Paparan abu rokok yang masuk ke mata dapat menyebabkan iritasi mata. Ketika mata kelilipan abu rokok ini dikucek, seseorang rawan mengalami abrasi kornea mata.

Melansir Emedicine, abrasi kornea mata menyebabkan kornea atau lapisan pelindung mata tergores dan mengalami peradangan.

Beberapa gejala abrasi kornea yang perlu diwaspadai di antaranya mata rasanya seperti terganjal benda asing atau kelilipan, dan kornea terasa lecet.

Selain itu, penderita juga merasakan gangguan penglihatan atau pandangan jadi kabur, mata terasa sakit saat terkena cahaya terang, otot di sekitar mata kejang sehingga penderita jadi sering memicingkan mata, serta mata berair.

Jika Anda merasakan gejala abrasi kornea, segara konsultasikan ke dokter. Jika tidak diobati, infeksi karena iritasi mata ini bisa menyebabkan munculnya ulkus kornea.

Baca juga: Waspadai Bahaya Laten Paparan Asap Rokok Tak Langsung Thirdhand Smoke

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.