Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2022, 15:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Polip rahim adalah jaringan abnormal yang tumbuh di lapisan rahim atau endometrium.

Meskipun umumnya jinak atau tidak bersifat kanker, tapi penyakit ini bisa menyebabkan gangguan kesuburan.

Tak pelak, penyakit ini kerap menimbulkan kekhawatiran bagi para wanita. Salah satunya apakah polip rahim bisa sembuh sendiri? Simak penjelasan berikut untuk mengenal lebih dekat penyakit ini.

Baca juga: 8 Gejala Polip Rahim, Perhatikan Perubahan Haid

Apakah polip rahim bisa sembuh sendiri?

Dilansir dari Drugs, polip rahim terkadang bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan atau tindakan medis tertentu seperti operasi.

Apabila ada kemungkinan polip rahim sembuh sendiri, gejala penyakit ringan, dan polip tidak ganas, dokter biasanya hanya memantau perkembangan polip rahim penderita.

Selain dipantau kondisi rahimnya secara berkala, penderita polip rahim juga dianjurkan untuk menjaga berat badannya agar tetap ideal dan hanya mengonsumsi makanan sehat.

Dokter umumnya bakal menyarankan pengobatan sampai operasi jika polip rahim tidak bisa sembuh sendiri, gejala polip rahim mengganggu aktivitas sehari-hari, mengganggu kesuburan, atau polip rahim terus membesar.

Selain itu, penderita polip rahim juga dianjurkan operasi apabila sudah memasuki masa menopause atau berisiko tinggi terkena kanker rahim.

Baca juga: Penyebab Polip Rahim dan Faktor Risikonya

Bagaimana cara mengobati polip rahim?

Cara mengobati polip rahim bisa dengan terapi obat sampai operasi. Dilansir dari Cleveland Clinic, berikut beberapa di antaranya:

  • Mengonsumsi obat yang dapat mengatur keseimbangan hormon, seperti progestin atau agonis hormon pelepas gonadotropin. Selain itu, penderita terkadang juga diberikan obat antinyeri atau pelebar serviks
  • Histeroskopi dan kuretase untuk melihat sekaligus menghilangkan polip rahim dengan alat histeroskop (teleskop kecil yang fleksibel). Alat ini dimasukkan lewat vagina dan leher rahim. Setelah lokasi polip terdeteksi, dokter menggunakan kuret untuk mengikis atau menghilangkan polip rahim
  • Operasi pengangkatan rahim apabila polip rahim bersifat ganas atau potensial berkembang menjadi kanker rahim

Dokter biasanya menentukan cara mengobati polip rahim sesuai gejala polip rahim, tingkat keparahan penyakit, atau kondisi kesehatan penderita secara keseluruhan.

Setelah mengetahui jawaban apakah polip rahim bisa sembuh sendiri atau tidak sampai cara mengobatinya, wanita diharapkan lebih waspada dengan penyakit ini.

Baca juga: 9 Penyebab Haid Lama, Lebih dari 7 Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com