Kompas.com - 05/08/2022, 13:31 WIB

KOMPAS.com - Komedo adalah salah satu jenis jerawat kecil-kecil berupa sebum atau minyak yang menyumbat pori-pori kulit.

Ada dua jenis komedo yang paling umum, yakni komedo hitam (blackhead) atau komedo terbuka dan komedo putih (whitehead) atau komedo tertutup.

Masalah kulit ini memang terkadang cukup menjengkelkan. Tapi, jangan khawatir. Ada beberapa cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa Anda jajal di rumah.

Baca juga: 5 Skincare Penghilang Komedo, dari Asam Salisilat sampai Retinol

Cara menghilangkan komedo secara alami

Cara menghilangkan komedo secara alami bisa dengan mengoleskan produk skincare yang tepat, merawat kulit, sampai menjaga gaya hidup sehat. Berikut beberapa di antaranya:

  • Cuci wajah minimal dua kali sehari

Dilansir dari American Academy of Dermatology Academy, pastikan Anda rajin mencuci wajah minimal dua kali sehari di pagi hari dan sebelum tidur.

Di luar rutinitas tersebut, cuci wajah jika kondisi wajah banyak berkeringat misalkan habis olahraga atau kepanasan.

Cuci wajah dengan gerakan melingkar dan gunakan sabun yang memiliki formula lembut.

  • Gunakan toner witch hazel

Dikutip dari Healthline, setelah wajah dibersihkan, gunakan toner yang mengandung bahan aktif witch hazel setidaknya dua kali sehari untuk mengurangi peradangan dan menjaga kelembapan alami kulit.

Witch hazel juga dapat membantu menghilangkan komedo putih dengan cara mengangkat kotoran yang menyumbat bagian dalam pori-pori atau folikel kulit.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Krim Retinol

  • Oleskan minyak tea tree

Minyak tea tree bisa membantu menghilangkan komedo dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih dan menenangkan peradangan pada kulit.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.