Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2022, 23:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa wanita mengeluhkan menstruasi atau haid lama sampai lebih dari 7 (tujuh) hari.

Masalah ini tak hanya mengurangi kenyamanan. Tapi, terkadang juga bisa memengaruhi kesehatan seperti menyebabkan anemia sampai susah tidur.

Sebelum mengenali beberapa penyebab haid lama, simak dulu sebenarnya berapa lama haid yang normal.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Darah Haid Sedikit sesuai Penyebabnya

Berapa lama haid yang normal?

Dilansir dari Cleveland Clinic, setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda, jadi tidak ada istilah haid yang normal atau tidak normal.

Tapi, biasanya wanita haid selama dua sampai tujuh hari. Jadi, haid lebih dari 7 hari biasanya dianggap lebih lama dibandingkan haid yang normal.

Istilah medis untuk menunjukkan haid lebih dari seminggu adalah menoragia. Wanita juga disebut mengalami menoragia jika darah haid yang keluar sangat banyak meskipun waktunya kurang dari seminggu.

Jika Anda mengalami haid lama, Anda tidak sendirian. Sekitar lima persen wanita pernah mengalami menoragia.

Baca juga: 10 Penyebab Haid Sebulan 2 Kali, Wanita Perlu Tahu

Penyebab haid lama

Dilansir dari Healthline, ada beberapa penyebab haid lama sampai lebih dari 7 hari, di antaranya:

  • Perubahan hormon jelang menopause

Wanita secara alami mengalami perubahan hormon yang drastis di sepanjang fase hidupnya, salah satunya menjelang menopause. Dalam kondisi seperti ini, wanita biasanya mendapati haid lebih lama dibandingkan biasanya.

  • Efek samping obat tertentu

Beberapa obat seperti pil KB, KB hormonal, aspirin, pengencer darah, sampai obat anti-peradangan bisa mengganggu keseimbangan hormon. Efeknya, haid juga bisa lebih lama dibandingkan biasanya.

  • Gangguan pada rahim

Fibroid (tumbuhnya jaringan otot) dan polip (tumbuhnya jaringan abnormal) di rahim bisa menyebabkan haid lama dan terkadang nyeri haid yang sangat sakit.

Baca juga: Haid Normal, Berapa Hari Lamanya?

  • Adenomiosis

Adenomiosis adalah penumpukan jaringan lapisan rahim yang tidak normal di otot rahim. Kondisi ini juga bisa jadi alasan kenapa haid lama.

  • Hipotiroid

Hipotiroid adalah gangguan kelenjar tiroid yang kurang aktif, sehingga produksi hormon tiroid berkurang. Kondisi ini juga bisa jadi penyebab haid lama.

  • Kegemukan

Kelebihan berat badan atau berat badan di atas normal juga bisa menyebabkan jaringan lemak memproduksi hormon estrogen berlebihan. Kelebihan estrogen ini dapat menyebabkan haid lama.

Baca juga: 10 Penyebab Darah Haid Sedikit, Bisa Faktor Usia sampai Penyakit

  • Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul disebabkan infeksi bakteri pada organ reproduksi wanita. Selain haid lama, gejala radang panggul lainnya yakni keputihan berlebihan dan nyeri haid terasa sangat sakit.

  • Kanker

Haid lama di beberapa kondisi jarang terjadi tapi dilaporkan sebagian wanita juga bisa jadi tanda kanker rahim atau leher rahim. Haid lama termasuk salah satu gejala awal kanker ini.

  • Gangguan pembekuan darah

Penyebab haid lama yang jarang lainnya yakni gangguan pembekuan darah seperti penyakit hemofilia dan von willebrand. Penyakit ini memengaruhi kemampuan tubuh untuk membekukan darah, sehingga haid lebih lama dibandingkan biasanya.

Baca juga: 10 Penyebab Keluar Darah Setelah Berhubungan Seks Tapi Tidak Haid

Kapan perlu waspada dengan haid lama?

Penyebab haid lama biasanya tidak perlu dikhawatirkan seperti perubahan hormon sementara. Namun, wanita perlu waspada dengan kondisi ini apabila:

  • Haid lama terjadi berkepanjangan, atau lebih dari tiga bulan
  • Haid lama disertai gejala darah yang keluar berlebihan
  • Haid lama menyebabkan gejala anemia seperti pusing dan lemas
  • Haid lama disertai pendarahan atau flek di luar siklus haid
  • Haid lama disertai demam atau gejala lain

Segera konsultasikan ke dokter jika wanita merasakan haid lama disertai tanda-tanda di atas. Dokter biasanya membantu mengatasi masalah kesehatan ini sesuai akar penyebab haid lama.

Baca juga: 13 Cara Mengatasi Sakit Perut saat Haid Pakai Obat dan Secara Alami

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com