Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2022, 09:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Awam barangkali susah mengenali perbedaan cacar monyet dan cacar air serta penyakit cacar yang sekilas memiliki gejala mirip.

Seiring mewabahnya monkeypox atau cacar monyet yang tengah menjadi masalah kesehatan global, kini kita mesti ekstra waspada jika mendapati gejala ruam dan munculnya bintik-bintik berisi cairan atau nanah.

Untuk mengenal lebih dekat ketiga penyakit ini, simak perbedaan cacar monyet, cacar air, dan cacar yang sekilas mirip berikut.

Baca juga: Kenali Apa itu Cacar Monyet, Asal-usul, dan Gejalanya

Perbedaan cacar monyet, cacar air, dan cacar

Ada beberapa perbedaan cacar monyet (monkeypox), cacar air (chickenpox), dan cacar (smallpox) yang perlu Anda ketahui:

  • Penyebab penyakit

Penyebab cacar monyet adalah virus monkeypox dari genus orthopoxvirus dalam keluarga poxviridae.

Sedangkan penyebab cacar air adalah virus varicella zooster. Sementara penyebab cacar adalah virus variola dari genus orthopoxvirus.

  • Penularan penyakit

Penyakit cacar monyet menular dari hewan ke manusia dan manusia ke manusia. Sedangkan penyakit cacar air dan cacar hanya menular dari manusia ke manusia.

  • Gejala demam

Demam gejala cacar monyet umumnya berlangsung selama 1-5 hari sebelum ruam muncul.

Pada cacar air, gejala demam terjadi 1-2 hari sebelum ruam muncul. Sedangkan demam gejala cacar muncul 2-4 hari sebelum ruam muncul.

Baca juga: Kenali Penyebab Cacar Monyet dan Penularannya

  • Gejala ruam

Ruam dan bintik-bintik berisi cairan atau nanah gejala cacar monyet umumnya muncul dari wajah kemudian menyebar ke bagian tubuh lain, termasuk telapak tangan dan kaki. Ruam yang keras dan kenyal ini bakal membentuk keropeng sebelum sembuh.

Sedangkan ciri-ciri ruam cacar air biasanya disertai gatal dan kulit seperti melepuh. Ruam yang mudah pecah ini muncul di dada, punggung, wajah, lalu menyebar ke seluruh tubuh. Tidak ada ruam yang muncul di telapak tangan dan kaki.

Sementara itu, ruam gejala cacar biasanya dimulai dengan munculnya bintik-bintik merah kecil di lidah dan mulut. Ruam ini lantas menyebar ke wajah, lengan, kaki, telapak tangan dan kaki. Ruam juga membentuk keropeng sebelum sembuh.

  • Kondisi kelenjar getah bening

Gejala cacar monyet ditandai dengan kelenjar getah bening bengkak. Terutama di leher, ketiak, atau selangkangan. Sedangkan gejala cacar air dan cacar tidak disertai pembengkakan kelenjar getah bening.

Baca juga: 6 Cara Mengobati Cacar Monyet untuk Meredakan Gejala Penyakit

  • Masa inkubasi

Masa inkubasi atau waktu ketika penderita terpapar virus sampai merasakan gejala penyakit cacar monyet berlangsung sekitar 5-21 hari.

Untuk penyakit cacar air, masa inkubasinya selama 10-21 hari. Sedangkan untuk penyakit cacar, masa inkubasinya selama 7-19 hari.

  • Lamanya gejala penyakit sampai sembuh

Penderita biasanya merasakan gejala cacar monyet sampai sembuh sekitar 2-4 minggu. Sedangkan penyakit cacar air relatif singkat hanya 4-7 hari. Sementara penyakit cacar juga bisa berlangsung sampai 5 minggu.

Setelah menyimak perbedaan cacar monyet, cacar air, dan cacar di atas, kini Anda bisa lebih mengenali ketiga penyakit di atas. Namun, untuk memastikan penyakit di atas, Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter.

Baca juga: 5 Penularan Cacar Monyet dari Manusia ke Manusia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com