Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapan Hidup Penderita Kanker Usus Besar Stadium 4

Kompas.com - 03/05/2023, 21:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Angka harapan hidup penderita kanker usus besar stadium 4 rata-rata sudah sangat rendah. Namun, beberapa faktor termasuk kecanggihan teknologi kedokteran dapat meningkatkan angka tersebut.

Mengutip Medical News Today, kanker usus besar stadium 4 adalah kanker usus besar stadium akhir, di mana sel kanker telah menyebar (bermetastasis) ke jaringan dan organ lain.

Baca juga: Tanda-tanda Kanker Usus Besar dari Stadium Awal dan Akhir

Kanker usus besar paling sering menyebar ke hati, kemudian juga dapat menyebar sampai paru-paru, kelenjar getah bening, atau lapisan rongga perut.

Pengobatan kanker usus besar stadium 4 mungkin hanya berhasil sebagian dan penyakit lebih mungkin muncul lagi setelah pengobatan.

Berikut artikel ini akan mengulas kemungkinan penderita kanker usus besar stadium 4 bertahan hidup.

Baca juga: Apakah Kanker Usus Besar Berbahaya? Begini Penjelasannya...

Berapa lama penderita kanker usus stadium 4 bisa bertahan?

Studi menunjukkan, rata-rata tingkat harapan hidup penderita kanker usus besar stadium 4 di bawah 15 persen.

Menurut American Cancer Society (ACS) yang dikutip dari Healthline, tingkat harapan hidup relatif 5 tahun penderita kanker usus besar stadium 4 di Amerika Serikat adalah 13 persen.

Itu artinya penderita kanker usus besar stadium 4 memiliki kemungkinan 13 persen untuk hidup 5 tahun ke depan dibandingkan seseorang tanpa penyakit ini.

Ada pun berikut menunjukkan harapan hidup 5 tahun penderita kanker usus besar secara global, menurut database Surveillance, Epidemiology, and End Results (SEER):

  • Lokal (tidak ada tanda bahwa kanker telah menyebar ke luar usus besar atau rektum): 91 persen
  • Regional (kanker telah menyebar ke luar usus besar atau rektum ke jaringan terdekat atau kelenjar getah bening): 72 persen
  • Jauh (kanker telah menyebar ke bagian tubuh Anda yang jauh): 13 persen
  • Gabungan (ini terdiri dari semua stadium SEER): 63 persen

Database di atas data hasil pelacakan terhadap penderita kanker usus besar di Amerika Serikat antara 2012 hingga 2018, yang diklasifikasikan dalam stadium lokal, regional, jauh, dan gabungan.

Namun, perlu diketahui bahwa itu angka tersebut tidak memperhitungkan faktor lain yang dapat memengaruhi tingkat harapan hidup penderita kanker usus besar.

Ada faktor lain yang memengaruhi tingkat harapan hidup setiap individu penderita kanker usus besar stadium 4.

Baca juga: 6 Pengobatan Kanker Usus Besar Stadium 4

Apa saja faktor lain yang memengaruhi harapan hidup penderita kanker usus besar?

Mengutip Healthline, berikut faktor lain dari tingkat harapan hidup untuk kanker usus besar stadium 4:

  • Usia dan kesehatan tubuh keseluruhan: usia dan kesehatan Anda pada saat menerima diagnosis dapat memengaruhi respons Anda terhadap pengobatan. Dengan bertambahnya usia, semakin besar risiko Anda terkena kanker usus besar. Demikian pula risiko Anda terhadap kematian.
  • Berat badan: kelebihan berat badan dapat memengaruhi hasil pengobatan kanker Anda. Ini karena peningkatan kondisi seperti diabetes tipe 2 dan tingkat peradangan yang lebih tinggi.
  • Merokok: merokok tidak hanya meningkatkan riisko Anda terkena kanker jenis apa pun, tetapi juga dapat memengaruhi hasil pengobatan. Menurut studi 2018, orang yang berhenti merokok selama pengobatan kanker usus besar dan rektum telah meningkatkan tingkat harapan hidup secara keseluruhan.

Perlu diketahui, meskipun ada riset terkait harapan hidup penderita kanker usus besar, tapi  dukungan teknologi pengobatan yang meningkat pesat diikuti gaya hidup lebih sehat dapat meningkatkan harapan hidup penderita kanker usus besar stadium 4. 

Baca juga: 6 Pengobatan Kanker Usus Besar Stadium 4

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com