Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rekomendasi Olahraga di Pagi Hari Sebelum Sarapan yang Bisa Dicoba

Kompas.com - 30/04/2023, 06:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

Sumber SELF,Eat This

KOMPAS.com - Melakukan olahraga di pagi hari sebelum menyantap sarapan bisa meningkatkan aliran darah serta membuat membuat tubuh lebih siap untuk beraktivitas.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan juga cukup sederhana dan tidak memerlukan peralatan khusus, seperti pushup hingga yoga.

Simak rekomendasi olahraga di pagi hari sebelum sarapan tanpa penggunaan alat yang bisa dicoba berikut ini.

Baca juga: 5 Rekomendasi Olahraga Kardio untuk Diet, Termasuk untuk Pemula

Rekomendasi olahraga di pagi hari sebelum sarapan

Disarikan dari Eat This dan Self, berikut adalah beberapa rekomendasi olahraga di pagi hari sebelum sarapan yang bisa dicoba.

  • Bodyweight squat

Bodyweight squat adalah jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menguatkan otot, menjaga postur tubuh, meningkatkan kepadatan tulang, hingga menyehatkan otak.

Untuk melakukan olahraga ini, Anda mulai dengan posisi berdiri dan mulai menekuk lutut dengan menjaga punggung dalam posisi lurus serta tegak.

Anda kemudian bisa berjongkok hingga telapak kaki dan pinggul sejajar dengan lantai. Kembali ke posisi berdiri dan ulangi hingga 15 kali.

  • Pushup

Melakukan gerakan pushup secara rutin bisa membentuk otot dan memperkuat tubuh bagian atas, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, hingga menyehatkan sendi di sekitar pundak.

Lakukan pushup dengan memposisikan tubuh seperti ketika akan melakukan plank. Satukan kaki dan posisikan pergelangan tangan agar sejajar dengan pundak.

Turunkan dada hingga menyentuh lantai dan diangkat kembali ke posisi semula. Lakukan pushup hingga sepuluh kali pengulangan.

Baca juga: Olahraga High Intensity Interval Training untuk Menurunkan Berat Badan

  • Reverse lunge

Reverse lunge adalah salah satu variasi gerakan lunge yang berguna untuk meningkatkan kekuatan pinggul serta menjaga keseimbangan tubuh.

Reverse lunge dapat dilakukan dengan menjaga posisi tubuh bagian atas agar tetap tegak dan melangkahkan salah satu kaki ke belakang.

Turunkan badan secara perlahan hingga lutut kaki tersebut menyentuh lantai. Kemudian, kembali ke posisi semula dengan memusatkan kekuatan pada tumit kaki bagian depan.

Ulangi gerakan dengan mengganti kaki secara bergantian dengan mengulanginya hingga 10-15 kali.

  • Reverse crunches

Reverse crunches adalah variasi gerakan crunch yang berguna untuk melatih otot perut sehingga sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin membakar lemak di perut serta menurunkan berat badan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com