Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Cara Mengobati Ambeien Stadium 1, 2, 3, 4

Kompas.com - 29/12/2023, 12:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara mengobati ambeien stadium 1, 2, 3, dan 4 bisa berbeda-beda dan perlu disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit. 

Untuk diketahui, ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah yang terletak di sekitar anus atau di rektum (penghubung usus besar bagian bawah dan anus). 

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Ambeien Stadium 1, 2, 3, 4

Melansir Healthline, jenis ambeien ada ambeien dalam atau internal atau ambeien luar atau eksternal.

Wasir internal berkembang di dalam anus atau rektum. Sedangkan wasir eksternal berkembang di luar anus. 

Gejala ambeien dapat menyebabkan anus nyeri, gatal, nyeri, dan terkadang kesulitan duduk. Tapi, dengan penanganan tepat penyakit ini bisa diobati. Simak penjelasan berikut. 

Baca juga: 3 Perbedaan Ambeien Luar dan Dalam yang Perlu Diketahui

Cara mengobati ambeien sesuai stadium 1, 2, 3, 4

Tingkat keparahan penyakit ambeien dikategorikan menjadi beberapa stadium. Untuk itu, pengobatan pun disesuaikan dengan tahapan penyakitnya. Berikut ini beberapa cara mengobati ambeien stadium 1, 2, 3, 4 yang perlu Anda ketahui:

  • Cara mengobati ambeien stadium 1

Mengutip Gothemorrhoids, ciri-ciri ambeien stadium 1 ditandai dengan munculnya benjolan kecil di lubang anus, tetapi benjolan ini belum turun ke luar anus.

Untuk ambeien stadium 1, pengobatan yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi serat pada makanan dan mencoba salah satu obat ambeien yang dijual bebas di apotek atau toko obat, seperti salep hidrokortison topikal.

Krim atau salep tersebut dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, dan gatal akibat iritasi ambeien.

Selain itu, menurut Medscape, mandi air hangat atau merendam ambeien di ember atau bak mandi dapat membantu meringankan kondisi ambeien yang menyakitkan.

Baca juga: 10 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Baca juga: 12 Cara Mengobati Ambeien Berdarah secara Alami, Obat, dan Operasi

  • Cara mengobati ambeien stadium 2

Ciri-ciri ambeien stadium 2 ditandai dengan benjolan wasir yang menonjol melalui anus saat mengejan, tetapi dapat kembali secara spontan atau tanpa bantuan perawatan khusus.

Ambeien stadium 2 dapat diobati dengan pengobatan mandiri di rumah. Tapi, ada kalanya ambeien yang menonjol ke luar dan sulit kembali masuk ke dalam dubur perlu perawatan medis, seperti ligasi karet gelang, skleroterapi injeksi, atau koagulasi inframerah.

Penting untuk diketahui bahwa semua pengobatan ambeien ini dilakukan hanya pada ambeien internal yang prolaps atau menonjol ke luar, bukan ambeien eksternal. 

Pengobatan untuk ambeien stadium 2 biasanya berlangsung enam bulan hingga satu tahun. Apabila hasilnya positif, pengobatan tidak perlu diulang.

Baca juga: Apakah Ambeien Bisa Sembuh Sendiri? Simak Penjelasan Berikut...

  • Cara mengobati ambeien stadium 3 dan 4

Wasir tingkat 3 adalah wasir dalam yang mengalami prolaps, namun tidak masuk kembali ke dalam anus sampai pasien mendorongnya kembali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com