Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Ambeien Bisa Sembuh Sendiri? Simak Penjelasan Berikut...

Kompas.com - 11/09/2023, 12:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gangguan saluran pencernaan seperti ambeien adalah penyakit yang cukup umum terjadi. Lantas, apakah ambeien bisa sembuh sendiri? Atau harus operasi? 

Perlu diketahui, ambeian adalah penyakit pelebaran pembuluh darah vena pada bagian pengujung saluran pencernaan (rektum) atau di bawah kulit yang mengelilingi anus. 

Dilansir dari Siloam Hospitals, masalah kesehatan ini kerap terjadi pada orang berusia 50 tahun ke atas. Namun, tidak menutup kemungkinan orang berumur 20 hingga 50 tahun terkena ambeien. 

Saat penyakit kumat, seseorang akan merasakan gejala ambeien, seperti gatal dan nyeri yang membuat tidak nyaman, bahkan bisa BAB berdarah.

Namun, pada umumnya ambeien tidak berbahaya dan penyakit ini tidak menular. Untuk menjawab rasa penasaran di atas, Anda dapat menyimak penjelasannya lewat artikel di bawah ini.

Baca juga: 10 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Apakah ambeien bisa sembuh sendiri?

Dilansir dari Healthline, dalam beberapa kasus, ambeien stadium awal atau ukurannya kecil masih bisa sembuh sendiri tanpa operasi. Namun, ambeien stadium akhir atau yang sudah parah perlu tindakan medis tertentu.

Meskipun sebagian kasus ambeien bisa sembuh sendiri, tapi penyakit ini perlu dukungan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dan rajin menjaga kebersihan. Dengan begitu penyakit tidak berkembang semakin parah dan bisa mencegah kekambuhan.

Perlu diingat, ambeien tidak bisa disamakan antara satu kasus dengan kasus lain. Untuk kasus ambeien disertai pendarahan, kondisinya parah, atau menimbulkan gejala nyeri hebat, penyakit ini perlu penanganan tepat dan cepat dari dokter. 

Baca juga: Apakah Ambeien Bisa Sembuh Tanpa Operasi?

Bagaimana cara mengobati ambeien?

Cara mengobati ambeien perlu disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit. Berikut beberapa di antaranya:

  • Berendam air hangat 

Untuk meminimalkan rasa sakit karena benjolan ambeien membengkak, Anda dapat merendam pantat ke dalam ember berisi air hangat setidaknya selama 10 menit setiap hari. Anda juga bisa duduk di atas bantalan atau botol air hangat untuk mengurangi nyeri.

  • Gunakan obat ambeien yang dijual bebas

Jika rasa sakitnya semakin kentara, gunakan supositoria, salep, atau krim obat ambeien yang dijual bebas (OTC) untuk meredakan rasa nyeri dan gatal. Anda bisa menemukan obat bebas ini di apotek terdekat.

  • Konsumsi serat

Sebelum ambeien berkembang semakin parah, saat mulai merasakan sembelit, Anda dapat mengonsumsi suplemen serat yang dijual bebas di apotek atau toko kebugaran. Selain itu, pastikan Anda rutin makan buah dan sayur di setiap sesi makan.

Baca juga: 7 Penyebab Ambeien Berdarah yang Perlu Diwaspadai

Baca juga: 12 Cara Mengobati Ambeien Berdarah secara Alami, Obat, dan Operasi

Baca juga: 10 Penyebab Anus Berdarah, Tak Hanya Ambeien

  • Jaga kebersihan anus

Anda harus bisa menjaga kebersihan pada area anus. Caranya, dengan membersihkan anus Anda dengan air hangat saat mandi. Namun jangan menggunakan sabun, karena sabun dapat memperparah ambeien. Hindari juga penggunaan tisu toilet yang kering atau kasar saat Anda menyeka pantat setelah buang air besar.

  • Prosedur medis

Jika perawatan di rumah tidak membantu mengatasi ambeien Anda, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Ada beberapa prosedur medis yang disarankan dokter untuk mengatasi ambeien.

Pertama, adalah ligasi karet gelang. Prosedur ini dilakukan dengan cara memutus sirkulasi darah ke wasir dengan cara memasang karet gelang di sekelilingnya. Ketika aliran darah sudah terputus, ambeien dapat menyusut. 

Selain ligasi karet gelang, dokter mungkin akan menganjurkan operasi ambeien (hemoroidektomi). Operasi ini bertujuan untuk mengangkat benjolan pembuluh darah dan jaringan berlebih yang menyebabkan pendarahan.

Lalu ada juga terapi ambeien tanpa operasi yang disebut injeksi skleroterapi. Tindakan medis ini dilakukan dengan cara menyuntikkan obat ke dalam pembuluh darah yang melebar. Dengan begitu, ukuran ambeien bisa mengecil. 

Setelah mengetahui jawaban mengenai apakah ambeien bisa sembuh sendiri seperti yang dijelaskan di atas, pastikan Anda menjalankan pola hidup yang sehat dan menjaga kebersihan agar penyakit ini tidak gampang kambuh. Jika kondisinya semakin buruk, segera konsultasi ke dokter agar penyakit ini dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com