Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Ciri-ciri Ambeien Stadium 1, 2, 3, 4

Kompas.com - 24/12/2023, 18:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengetahui ciri-ciri ambeien stadium 1, 2, 3, dan 4 penting untuk membantu mengenali tingkat keparahan penyakit yang dikenal dengan sebutan wasir ini.

Untuk diketahui, ambeien adalah adalah kondisi ketika pembuluh darah vena di area sekitar anus atau rektum (penghubung anus dan usus besar) membengkak.

Menurut Kementerian Kesehatan, ada banyak faktor penyebab ambeien, seperti kehamilan, diare, sembelit kronis, duduk terlalu lama, diet tidak sehat, atau genetika. 

Untuk mengenal lebih jelas tingkat keparahan gejala wasir lewat stadium penyakitnya, Anda bisa menyimak artikel berikut.  

Baca juga: 4 Ciri-ciri Ambeien Kambuh sesuai Stadium Penyakit

Apa saja gejala ambeien yang umum?

Saat menderita ambeien, umumnya penderita akan merasakan beberapa tanda penyakit. Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa di antaranya:

  • Anus atau buang air besar (BAB) berdarah
  • Anus gatal atau teriritasi
  • Muncul rasa tidak nyaman atau sakit di sekitar anus
  • Teraba benjolan dan pembengkakan di daerah anus
  • Pelebaran pembuluh darah vena, yang bisa terasa menyakitkan, tergantung di mana itu terjadi

Untuk diketahui, tingkat keparahan gejala di atas bisa bervariasi, tergantung derajat atau stadium penyakit. 

Baca juga: 10 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Bagaimana ciri-ciri ambeien stadium 1, 2, 3, 4?

Melansir Mayo Clinic, jenis wasir menurut posisinya terhadap garis dentate atau garis pembatas pada dinding anus, yaitu ambeien luar (eksternal) dan ambeien dalam (internal).

Ambeien luar terletak di bawah garis dentate. Sedangkan, ambeien dalam muncul di atas garis dentate.

Kedua jenis ambeien tersebut kemudian dikategorikan dan diobati berdasarkan tingkat keparahan atau stadium penyakit, yaitu ambeien stadium 1,2,3,4.

Berikut ini ciri-ciri ambeien stadium 1, 2, 3, dan 4 yang perlu Anda ketahui:

Gejala ambeien stadium 1 ditandai dengan anus berdarah, atau BAB berdarah, tetapi tidak ada benjolan atau tonjolan yang ke luar dari anus. Ambeien baru terlihat seperti tonjolan kecil di anus.

  • Ciri-ciri ambeien stadium 2

Tanda ambeien stadium 2 bisa dikenali dari munculnya benjolan atau tonjolan dari anus ketika penderita BAB. Tapi, tonjolan ini umumnya bisa mengecil sendiri setelah penderita tidak dalam posisi mengejan. 

Baca juga: Apakah Ambeien Bisa Sembuh Tanpa Operasi?

  • Ciri-ciri ambeien stadium 3

Gejala ambeien stadium 3 ditandai dengan kondisi bantalan anus yang menonjol ke luar saat mengejan atau beraktivitas. Tonjolan ini tidak bisa kembali mengecil sendiri. Benjolan atau tonjolan ambeien perlu bantuan dorongan manual ke dalam lubang anus agar bisa normal.

  • Ciri-ciri ambeien stadium 4

Tanda ambeien stadium 4 atau stadium akhir bisa dikenali dari kondisi tonjolan atau benjolan yang tidak bisa lagi kembali normal setelah dibantu dorongan manual.

Selain itu, kondisi ini juga ditandai dengan munculnya gumpalan darah pada benjolan wasir. Akibatnya, aliran darah di sekitar anus terhambat penggumpalan darah ini, sehingga aliran darah ke jaringan anus berkurang dan memicu gejala ambeien parah.

Setelah menyimak ciri-ciri ambeien stadium 1, 2, 3, 4 di atas, pastikan Anda yang merasakan gejala penyakit ini segera berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, penyakit bisa ditangani sejak dini sebelum penyakit berkembang lebih parah. 

Baca juga: Apakah Ambeien Bisa Sembuh Sendiri? Simak Penjelasan Berikut...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com