Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Perbedaan Ambeien Luar dan Dalam yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 26/12/2023, 14:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Mengenali perbedaan ambeien luar dan dalam penting untuk menentukan perawatan yang tepat untuk membantu mengatasi masalah kesehatan ini. 

Untuk diketahui, hemoroid atau ambeien adalah adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum (pengujung usus besar sebelum anus).

Dilansir dari Mayoclinic, masalah kesehatan yang dikenal dengan istilah wasir ini mirip dengan varises.

Jenis wasir menurut posisinya terhadap garis dentate atau pembatas pada dinding anus terbagi menjadi dua, yaitu ambeien luar (eksternal) dan ambeien dalam (internal).

Untuk mengenal kedua jenis wasir ini, Anda bisa menyimak penjelasannya lewat artikel berikut ini. 

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Ambeien Stadium 1, 2, 3, 4

Perbedaan ambeien luar dan dalam

Beda ambeien eksternal dan internal dari dilihat dari pengertian, penyebab, sampai ciri-cirinya. Berikut penjabarannya:

  • Pengertian ambeien luar dan dalam

Ambeien dalam adalah pembengkakan pembuluh darah kecil di dalam rektum atau bagian penghubung usus besar dan anus.

Sedangkan ambeien luar adalah wasir atau pembengkakan pembuluh darah  di bawah kulit sekitar anus. 

Baca juga: Apakah Ambeien Bisa Sembuh Sendiri? Simak Penjelasan Berikut...

Penyakit wasir biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal pada anus, nyeri saat buang air besar (BAB), dan terkadang BAB berdarah. 

Ciri-ciri ambeien luar biasanya ditandai dengan munculnya benjolan kecil di sekitar anus, anus gatal, anus sakit atau terasa tidak nyaman, dan terkadang BAB berdarah. 

Sedangkan ciri-ciri ambeien cenderung tidak kentara karena benjolan yang terletak di dalam rektum, dan jarang menimbulkan nyeri. Gejala ambeien jenis ini baru terlihat saat penderita mengejan karena bisa memicu BAB berdarah atau wasir yang menonjol.    

Baca juga: Apakah Ambeien Bisa Sembuh Tanpa Operasi?

  • Cara mengobati ambeien luar dan dalam

Dinukil dari New York Gastroenterology Associates, cara mengatasi ambeien luar dan dalam umumnya perlu disesuaikan dengan stadium atau tingkat keparahan penyakit. 

Ambeien dalam yang tidak menimbulkan rasa sakit, tidak bergejala, atau bergejala ringan biasanya tidak memerlukan pengobatan tertentu.

Sedangkan untuk ambeien luar yang gejalanya masih ringan atau sedang bisa dibantu dengan pengobatan rumahan, seperti menggunakan salep ambeien atau mandi air hangat. 

Namun, untuk gejala ambeien parah, penderita perlu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dengan obat resep dokter, perawatan medis seperti ablasi radiofrekuensi dan ligasi wasir, atau operasi ambeien.

Menurut American Society of Colon and Rectal Surgeons, tidak semua kasus ambeien perlu operasi. Kurang dari 10 persen penderita ambeien yang perlu tindakan medis ini.

Sebagian besar cara mengobatai ambeien luar dan dalam bisa diatasi dengan pola makan tinggi serat, banyak minum air putih, rutin olahraga, dan perawatan ambeien di rumah.  

Baca juga: 10 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com