Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2024, 22:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Khairina

Tim Redaksi

Sumber Health.com

KOMPAS.comJunk food adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan makanan dan minuman ultra-olahan, seperti makanan cepat saji, soda, permen, kue, dan makanan ringan asin.

Dalam era yang dipenuhi dengan berbagai macam makanan cepat saji dan camilan yang tidak sehat, menghindari godaan makanan junk food bisa menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang.

Memahami dampak negatif konsumsi makanan junk food bagi kesehatan dapat menjadi dorongan yang kuat untuk mengubah kebiasaan makan.

Tips mudah berhenti makan junk food

Melansir Health, berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan makan makanan junk food:

  • Masak lebih banyak makanan di rumah

Mencoba memasak lebih sering di rumah bisa menjadi langkah awal yang baik untuk mengurangi konsumsi makanan junk food. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering memasak di rumah cenderung memiliki diet yang lebih sehat dan menghabiskan lebih sedikit uang untuk makanan.

Baca juga: Mengapa Junk Food Berbahaya untuk Kesehatan?

  • Makan lebih banyak protein

Asupan protein yang cukup dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk ngemil, dan mengontrol asupan kalori secara keseluruhan. Meningkatkan asupan protein dapat membantu mengurangi keinginan untuk makanan junk food.

  • Makan secara teratur

Merampas kalori atau melewatkan makanan dapat meningkatkan keinginan untuk makanan junk food. Menjalani pola makan yang teratur, dengan makanan dan camilan seimbang, dapat membantu mengurangi keinginan Anda untuk makanan tidak sehat.

  • Makan lebih banyak makanan yang mengenyangkan

Pilihan makanan yang mengenyangkan, seperti makanan tinggi protein dan serat, dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makanan junk food. Cobalah untuk memilih makanan yang padat nutrisi untuk camilan dan makanan sehari-hari.

  • Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat meningkatkan keinginan untuk makanan tidak sehat dan mengganggu pengaturan hormon yang mengatur nafsu makan. Pastikan Anda mendapatkan cukup tidur setiap malam untuk mendukung kesehatan dan mengurangi keinginan untuk makanan junk food.

Baca juga: Studi: Pola Makan Junk Food Saat Remaja Ganggu Memori Jangka Panjang

  • Kelola stres

Stres kronis dapat meningkatkan keinginan untuk makanan junk food. Mengembangkan strategi manajemen stres yang sehat, seperti meditasi atau olahraga, dapat membantu Anda mengurangi keinginan untuk makanan tidak sehat.

  • Pertimbangkan untuk merombak dapur 

Mengganti makanan junk food dengan pilihan makanan yang lebih sehat di dapur Anda dapat membantu mengurangi konsumsi makanan tidak sehat. Hindari membeli makanan junk food dan alih-alih isi dapur Anda dengan makanan padat nutrisi.

  • Jangan memulai diet ketat

Mengikuti diet yang sangat ketat dapat meningkatkan keinginan untuk makanan tidak sehat dan berkontribusi pada siklus diet yang tidak sehat. Hindari diet yang ekstrem dan prioritaskan pola makan yang seimbang dan berkelanjutan.

  • Belanja kelontong secara teratur

Berbelanja kelontong secara teratur dan membuat daftar belanjaan dapat membantu Anda menghindari pembelian impulsif dan memastikan Anda memiliki persediaan makanan sehat di rumah.

Cobalah untuk membuat daftar belanjaan yang mencakup berbagai makanan bergizi untuk membantu Anda tetap berada di jalur yang sehat.

Baca juga: 5 Hal yang Terjadi Jika Kamu Sering Makan Junk Food

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com