Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2024, 12:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Air beras sudah lama dipakai dalam tradisi kecantikan orang Asia. Air beras dipercaya bisa menyuburkan rambut, mencerahkan kulit, hingga melembabkan.

Air beras dibuat dari rendaman beras minimal 60 menit. Sebagian orang juga memilih sisa-sisa air di beras yang hampir matang.

"Air membantu melepaskan berbagai vitamin dan mineral, serta kandungan lain dalam beras," kata dokter kulit Blair Murphy-Rose seperti dikutip dari womenshealthmag.com

Air besar yang difermentasi juga bisa memecah komponen molekul yang membuatnya lebih mudah diserap kulit. Air ini juga lembut sehingga jarang menimbulkan reaksi alergi.

Selain vitamin dan mineral, air beras juga memiliki kandungan asam amino hingga antioksidan. Walau begitu, hal tersebut belum dibuktikan oleh penelitian.

Pemakaian air beras sendiri beragam, mulai dari untuk keramas, mencuci muka, hingga kompres masker.

Baca juga: Manfaat Air Beras untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

Berikut adalah beberapa manfaat air beras untuk kecantikan:

- Mengurangi bercak kehitaman di kulit
Air beras juga memiliki kandungan asam kojic (kojic acid) yang banyak dipakai untuk mencerahkan kulit. Asam kojic ini memiliki manfaat untuk mengurangi produksi melamin, yang artinya bisa mengurangi bercak kehitaman di kulit atau hiperpigmentasi.

- Melembabkan
Air beras mengandung allantoin, yang membantu menghidrasi kulit dengan mengunci kelembaban.

- Melindungi dari radikal bebas
Beberapa studi mengungkap antioksidan yang ada di air beras bisa melindungi dari kerusakan radikal bebas akibat paparan sinar matahari.
Meski demikian, menurut Murhpy-Rose, perlindungan utama kulit dari sinar ultraviolet adalah pemakaian sunscreen.

- Mengandung antipenuaan
Penelitian tahun 2018 menunjukkan bahwa air beras menghambat aktivitas elastase, enzim yang memecah serat elastis. Kerja enzim ini bisa menyebabkan kulit jadi keriput.

- Memperbaiki jerawat
Air beras mengandung zat antiperadangan dan juga bisa menenangkan kulit. Karenanya air besar cukup ideal untuk mengatasi kulit eksim yang kambuh atau pun berjerawat.

Baca juga: Penyebab Kulit Gampang Memar Tanpa Sebab

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com