Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Tidur Bisa Pengaruhi Kesehatan Leher

Kompas.com - 29/04/2024, 18:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kelompok Staf Medis (KSM) Orthopaedi dan Traumatologi Klinik RS Cipto Mangunkusumo menjelaskan penggunaan bantal yang salah dapat mengganggu otot leher dan bahkan tulang.

Itu terutama jika Anda tidur tetap dalam posisi sama dalam waktu lama.

"Posisi tidur itu sangat penting, jangan menetap di satu posisi," kata Dr. dr. Rahyussalim, SpOT (K) Spine, seperti yang dilansir dari Antara pada Minggu (18/4/2024).

Baca juga: Bagaimana Posisi Tidur saat Nyeri Haid? Berikut Penjelasannya…

"Ada orang yang tidur di area yang sempit jadi telentang aja dan tidak berganti posisi. Padahal, secara fisik dan naluri badan itu selama beberapa jam akan memberi kesempatan untuk merelaksasi dengan berganti posisi," tambahnya.

Jika sesekali salah bantal, kata Salim, biasanya sudah akan sembuh siang atau sorenya.

Namun, menurutnya salah batal yang tidak kunjung membaik biasanya terjadi karena sudah terlalu sering tidur dengan posisi yang tidak baik.

Baca juga: 2 Posisi Tidur untuk Penderita Vertigo Agar Tak Gampang Kambuh

Sehingga, sarafnya sudah kena dan kondisi ini biasanya terjadi pada orang tua yang cenderung tidur dalam waktu yang lama tanpa mengubah posisi tidur.

Ketidaknyamanan tersebut awalnya mungkin hanya dirasakan sebagai pegal-pegal yang dapat mereda setelah dipijat atau digerakkan.

Namun, jika masalah ini terjadi secara berulang, bisa menyebabkan degenerasi dan penekanan pada saraf di leher.

Baca juga: 3 Posisi Tidur Terbaik saat Asma Kambuh

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan merelaksasi otot leher dan penggunaan obat topikal pada bagian leher.

“Obatnya dengan menggerakkan secara gradual depan belakang, menoleh, itu udah cukup untuk merelaksasi otot yang tadinya kencang. Bisa juga memberikan obat topikal pada bagian leher, biasanya siang sore atau besoknya sudah enak,” kata Salim.

Jika masalah disebabkan oleh penggunaan bantal yang salah, mencoba untuk menjemur bantal dan tidur di atasnya setelah dijemur dapat memberikan bantuan sementara untuk leher yang kaku.

Hal itu membantu menjaga kelenturan bantal dan membuatnya lebih nyaman untuk digunakan.

Baca juga: Posisi Tidur untuk Penderita Skoliosis yang Perlu Diperhatikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com