Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompor Gas Bisa Jadi Sumber Polusi dalam Rumah

Kompas.com - 08/05/2024, 10:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Memasak dengan kompor gas bisa jadi sumber polusi udara nitrogen dioksida di dalam rumah. Paparan polutan ini dikaitkan dengan penyakit asma pada anak-anak dan penurunan perkembangan paru.

Polutan nitrogen dioksida yang terbanyak meamng berasal dari kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar fosil. Namun, ternyata kompor gas dan propana juga menghasilkan tingkat polusi yang tidak sehat.

Menurut studi terbaru yang dimuat dalam jurnal Science Advances itu, pemakaian kompor gas atau propana meningkatkan paparan nitrogen dioksida dalam tingkat tidak sehat.

Hasil studi itu juga mengungkap, setelah beberapa jam kompor dimatikan, konsentrasi nitrogen dioksida masih ditemukan dalam kadar tinggi di kamar tidur yang biasanya berada cukup jauh dari dapur.

"Polusi dari kompor gas dan propan bukan hanya masalah bagi orang yang memasak di dapur tapi juga masalah seluruh anggota keluarga," kata Profesor Rob Jackson dari Stanford Doerr School of Sustainability yang melakukan studi ini.

Baca juga: Ahli Jelaskan Apa itu PM 2.5 pada Polusi Udara dan Bahayanya

Selain berbahaya bagi paru anak-anak, paparan nitrogen dioksida dari kompor gas juga terkait dengan 19.000 kematian setiap tahun atau sekitar 40 persen dari jumlah kematian akibat jadi perokok pasif.

Tingkat polusi nitrogen dioksida tersebut paling tinggi ditemukan di rumah berukuran kecil dengan ventilasi yang buruk.

Dalam penelitian ini, para peneliti menggunakan sensor untuk mengukur konsentrasi nitrogen dioksida di lebih dari 100 rumah dengan berbagai ukuran, tata letak, dan metode ventilasi, sebelum, selama, dan setelah penggunaan kompor.

Baca juga: Apa Penyebab Asma? Kenali 7 Faktor Risikonya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com