Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Kulit Kering dan Gatal pada Lansia

Kompas.com - 30/05/2024, 20:00 WIB
Rini Agustin,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, kulit akan menipis, kehilangan lemak, tidak lagi kencang dan mulus seperti saat waktu muda. Pada orang lanjut usia berbagai masalah kulit pun lebih rentan diderita.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Rinadewi Astriningrum menyebut macam-macam masalah kulit yang umum terjadi saat lansia.

“Masalah kulit pada lansia yang paling sering adalah kulit kering dan pruritus (kulit gatal),” kata dr.Rina dalam acara Lifree, peluncuran popok dewasa yang digelar Unicharm Indonesia di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Ia menyebut, kulit kering membuat tekstur kulit menjadi kasar dan pecah-pecah, sehingga mempermudah bakteri masuk ke dalam tubuh. Kulit kering juga bisa berujung pada pruritus.

“Kulit kering umumnya disebabkan karena penuaan kulit, menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar. Kulit kering sendiri juga menyebabkan gatal,” ujarnya.

Baca juga: Cegah Luka Dekubitus pada Lansia yang Sering Berbaring

Gatal-gatal pada kulit juga disebabkan oleh penuaan kulit dan bisa disebabkan oleh penyakit sistemik, seperti gangguan ginjal.

“Penyakit hipertensi yang cukup lama dan tidak diatasi dengan baik, lama-lama bisa menyebabkan gangguan ginjal. Kemudian kalau gangguan ginjalnya sudah cukup berat itu bisa timbul pruritus,” jelas dr.Rinadewi.

Untuk mencegah kulit kering dan pruritus diperlukan perawatan kulit untuk mengunci kelembaban.

“Misalnya rajin menggunakan pelembab setelah mandi. Saat mandi pun, jangan terlalu lama dan gunakan air yang tidak terlalu panas. Selain itu, minum banyak air agar tetap terhidrasi dengan baik dan menggunakan pelembab saat cuaca kering,” ujarnya.

Ia juga menganjurkan untuk menggunakan sabun pembersih yang ringan dan hindari beberapa jenis bahan sabun yang tidak cocok dengan kulit.

“Saat gatal jangan digaruk dengan berlebihan, melainkan basuh dengan handuk dingin atau gunakan es. Tidak kalah penting selalu menggunakan tabir surya saat pergi ke luar rumah dan mengenakan pakaian atau aksesori pelindung kulit,” jelasnya.

Baca juga: Apakah Kulit Kering karena Kurang Minum? Ini Penjelasannya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com