Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
MINERAL TERLINDUNGI

3 Tip Jaga Kebugaran Tubuh, Mulai dari Rutin Berolahraga hingga Konsumsi Air dengan Mineral Esensial

Kompas.com - 02/06/2024, 19:16 WIB
Agung Dwi E,
Erlangga Satya Darmawan,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Punya tubuh yang sehat dan bugar merupakan dambaan banyak orang. Dengan tubuh yang sehat, seseorang bisa menjadi lebih produktif dan menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik.

Tubuh yang sehat umumnya juga memiliki sistem imun yang lebih baik. Dengan demikian, badan menjadi lebih kuat dalam melawan berbagai penyakit.

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, Anda bisa melakukan 3 tip berikut.

1. Rutin berolahraga

Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga bisa membantu menjaga kesehatan fisik. Karena itulah, banyak orang mulai gemar berolahraga, meski hanya joging santai atau workout tipis-tipis di rumah.

Berdasarkan berbagai penelitian, olahraga memiliki dampak bagus bagi kesehatan tubuh karena dapat memperlancar proses metabolisme dan sirkulasi darah. Alhasil, tubuh menjadi lebih sehat, kuat, dan tidak mudah terserang penyakit.

Olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan neurotransmitter dan sejumlah hormon, seperti serotonin untuk meningkatkan suasana hati, dopamin untuk tingkatkan mood, serta endorfin untuk mengurangi rasa sakit dan membantu meningkatkan perasaan gembira.

Baca juga: Punya Kualitas Standar Internasional, Le Minerale Siap Penuhi Kebutuhan Mineral Atlet Kelas Dunia di Indonesia Open 2024

Anda tak perlu melakukan olahraga berat untuk mendapatkan semua manfaat itu. Anda hanya perlu berolahraga tipis-tipis di rumah ataupun berlari santai secara rutin.

Dikutip dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organizations/WHO), setiap orang disarankan untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu.

WHO juga menyarankan untuk menambahkan latihan beban sebanyak dua kali per minggu untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Cukup istirahat

Setelah beraktivitas seharian, tubuh memerlukan istirahat yang cukup agar keseimbangannya tetap terjaga. Adapun durasi istirahat atau tidur yang disarankan adalah 8-9 jam dalam sehari.

Tubuh yang tidak menjalani istirahat dengan cukup akan terasa kurang nyaman di pagi hari. Hal ini dapat mengganggu Anda saat akan beraktivitas.

Selain itu, tubuh yang kurang istirahat juga dapat mengganggu mood dan penurunan imun. Artinya, Anda akan menjadi lebih rentan terserang oleh berbagai macam penyakit.

3. Konsumsi air mineral dengan kandungan mineral esensial

Selain olahraga dan istirahat yang cukup, Anda juga harus menjaga hidrasi tubuh dengan air mineral berkandungan mineral esensial.

Konsumsilah air sebanyak delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter agar kesehatan dan kebutuhan cairan tubuh tetap aman.

Baca juga: Le Minerale dengan Mineral Berkualitas Memenuhi Standar Hydration Marathon Internasional 2023

Untuk mendapatkan manfaat optimal, pastikan air yang diminum memiliki kandungan mineral esensial, seperti magnesium, kalsium, kalium, klorida, bikarbonat, dan natrium.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com